INDONEWS.ID

  • Rabu, 11/07/2018 13:48 WIB
  • Misteri Cawapres Jokowi Bisa Bikin Geger Indonesia

  • Oleh :
    • budisanten
Misteri Cawapres Jokowi Bisa Bikin Geger Indonesia
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum MUI, Maruf Amin dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Maruf Amin digadang-gadang bakal menjadi Cawapres Joko Widodo pada Pilpres 2019. (foto:dok)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kurang dari sebulan menjelang pendaftaran Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 4-10 Agustus 2019, sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo atau Jokowi masih menjadi teka-teki besar dan bisa membikin geger Indonesia.

Walau Jokowi sudah mengantongi nama-nama yang sebagian diajukan pendukungnya dari partai koalisi, publik masih harus menunggu pengumuman siapa yang akan dipilih. Tercatat ada 10 nama yang berasal dari sejumlah kalangan yang diajukan sebagai Cawapres.

Baca juga : Pidato Pelantikan Jokowi, Ada Optimisme Meskipun Tidak Ada Hal Baru

Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy menyatakan, Jokowi telah mengantongi 10 nama calon untuk Cawapres. Namun, politikus yang akrab dipanggil Romi ini, enggan membeber siapa saja mereka. Dari 10 nama tersebut, Romi hanya menyebut salah satunya yakni Ketua MUI Ma'ruf Amin.

Menurut dia, sosok Maruf Amin bisa jadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh pihak. Maruf, adalah pemimpin tertinggi NU karena dia adalah Rais Aam. Selain itu, sebagai Ketua MUI, ia juga dianggap tokoh mewakili Islam. 

Baca juga : Putra Asli Papua dan NTT Diusulkan Jadi Menteri Milenial Kabinet Jokowi

"Beliau juga menguasai ekonomi karena menjadi ketua Dewan Ekonomi Syariah Nasional. Pengalamannya luas karena pernah jadi anggota DPR, baik dari PPP maupun PKB," kata Romi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Selain Maruf Amin, sembilan nama lainnya adalah figur-figur yang telah beredar di masyarakat. Mereka berasal dari kalangan politisi, cendekiawan, purnawirawan TNI-Polri, teknokrat, dan profesional. Nama-nama mereka tidak jauh berbeda dengan yang sudah disebut.

Baca juga : KPU Tetapkan Presiden dan Wapres Terpilih Sore Ini

Romi mengatakan, figur cawapres Jokowi akan dibahas bersama dengan semua pimpinan partai koalisi. Jokowi, meminta pendapat masing-masing ketua umum terkait 10 nama yang sudah ada dan partai koalisi akan terus mencermati nama-nama tersebut. (ato)

Artikel Terkait
Pidato Pelantikan Jokowi, Ada Optimisme Meskipun Tidak Ada Hal Baru
Putra Asli Papua dan NTT Diusulkan Jadi Menteri Milenial Kabinet Jokowi
KPU Tetapkan Presiden dan Wapres Terpilih Sore Ini
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas