INDONEWS.ID

  • Sabtu, 01/09/2018 03:05 WIB
  • Pekan Terakhir, Masyarakat Buru Souvenir Asian Games 2018

  • Oleh :
    • budisanten
Pekan Terakhir, Masyarakat Buru Souvenir Asian Games 2018
Menjelang berakhirnya event Asian Games 2018, stand souvenir dibanjiri pengunjung yang ingin membeli cinderamata sebagai kenang-kenangan. (foto : ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pekan inì adalah pekan terakhir perhelatan Asian Games 2018. Pada hari Munggu (2 September 2018), event olahraga empat tahun sekali ini akan berakhir.

Meski begitu, animo masyarakat untuk terus berburu souvenir multieventempat tahunan tersebut tidak surut. 

Hal itu terlihat dari masih panjangnya antrean pengunjung di stand souvenir resmi Asian Games yang terletak tak jauh dari pintu 5 Kompleks Gelora Bung Karno Jakarta.

Hingga Jumat 31 Agustus siang, masyarakat terus berdatangan ke lokasi yang dibuka pukul 10.00 WIB tersebut. Mereka rela antre panjang untuk bisa mendapatkan buah tangan kenang-kenangan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 ini

Mochtar Sarman, Vice Director Merchandise Asian Games 2018 mengatakan, volume pengunjung masih tinggi. Menurutnya, mereka butuh waktu setidaknya hingga satu jam untuk mengantre masuk toko berukuran sekitar 50 meter persegi itu.

"Saya kira makin sepi, ternyata makin ramai. Pengunjung antre bisa sampai 40 menit hingga 1 jam untuk bisa masuk toko," ujar Mochtar.

Ia menuturkan, ada 350 item souvenir Asian Games 2018 yang ditawarkan kepada para pengunjung. Mulai dari boneka maskot Atung (rusa), Bhin Bhin (cendrawasih), dan Kaka (badak), hingga pakaian serta replika medali ditawarkan kepada pengunjung.

Harga bervariasi mulai dari Rp15 ribu kalau enggak salah itu stiker, sampai yang paling mahal Rp4 juta yaitu maskot yang terbuat dari timah Royal Selangor Malaysia," terang Mochtar.

Untuk operasionalnya sendiri, toko souvenir resmi Asian Games 2018 ini dibuka pukul 10.00 WIB pagi dan tutup 22.00 WIB malam. Antrean pengunjung pun menurutnya dibagi ke dalam beberapa kloter.

"Setiap 30 menit sekali kita setop rombongan antrean. Jam 13.00 WIB kita tutup antrean sampai jam 14.00 WIB untuk restock barang dan bersihkan tempat supaya pengunjung lebih nyaman," ujarnya.

Sementara, Shela (33 tahuj) salah satu pengunjung toko mengatakan, senang bisa mendapatkan souvenir Asian Games 2018. Ia rela antre sejak toko dibuka untuk membeli dua buah kaos berlogo Asian Games 2018.

"Saya beli dua baju nih. Kaus berkerah buat cewek Rp.299 ribu, kalau buat cowok Rp.399 ribu. Ada diskon 20 persen nih," tuturnya.

Toko souvenir resmi Asian Games 2018 dekat pintu 5 GBK itu menyediakan 16 kasir pembayaran untuk mempermudah pengunjung bertransaksi.

Namun, pengunjung yang datang harus menyiapkan uang elektronik terlebih dahulu sebelum berbelanja, karena toko tidak menerima transaksi secara tunai. (ronald)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Dorong Ekonomi Nasional Lebih Transformatif, Menko Airlangga Jalin Kerja Sama Global
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Menteri Harus Mampu Membaca Tanda-tanda Zaman untuk Menggerakan Semangat Indonesia
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas