INDONEWS.ID

  • Senin, 17/09/2018 22:01 WIB
  • Pencalonan Eks Napi Korupsi, Koalisi Masyarakat Sipil Akan Susun Eksaminasi

  • Oleh :
    • very
Pencalonan Eks Napi Korupsi, Koalisi Masyarakat Sipil Akan Susun Eksaminasi
Ilustrasi Gedung Mahkamah Agung

Jakarta, INDONEWS.ID-  Mahkamah Agung (MA) telah melakukan uji materi atas gugatan larangan mantan narapidana kasus korupsi, Bandar narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak dalam Peraturan KPU tentang Pencalonan. Hasilnya, MA memutus larangan tersebut bertentang dengan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Putusan ini membuat mantan napi tiga tindak pidana kejahatan serius di atas dapat berkontestasi di Pemilu 2019. Meski semua pihak harus menghormati putusan tersebut, kritik juga penting disuarakan.

Ada dua catatan kritis terhadap uji materi yang telah dilakukan oleh MA ini. Pertama, proses pengujian materi ini diduga tidak sesuai prosedur karena dilakukan sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) menyelesaikan uji materi atas UU No. 7 tahun 2017. “Padahal, menurut Pasal 55 UU No. 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi tentang menyebutkan bahwa proses uji materi peraturan perundang-undangan di MA dilakukan setelah proses uji materi di MK selesai,” Hadar Nafis Gumay (NETGRIT), Fadli Ramadhanil, (PERLUDEM), Aditya Perdana (PUSKAPOL UI), Wahidah Suaib, Donal Fariz (ICW), dan Syamsudin Alimsyah (KOPEL Indonesia) dari Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih, melalui siaran pers, di Jakarta, Senin.

Baca juga : Hari ini KPU Serahkan Jawaban dan Alat Bukti Sengketa Pileg 2019

Kedua, proses pengujian terkesan tidak terbuka. Padahal, larangan ini merupakan polemik panjang di mana pendapat pihak pendukung dan penolak juga penting didengar dan dipertimbangkan. Hingga saat ini, putusan juga belum dipublikasikan atau diakses publik.

MA telah menyusul Bawaslu dalam hal melewatkan peluang untuk berperan dalam mewujudkan pemilu yang menghadirkan calon lebih berintegritas.

Baca juga : KPU Kembali Sibuk PHPU Pileg 2019

Karena itu, tim ini akan menyusun eksaminasi putusan MA, terutama dari aspek prosedur pengujian dan asas kemanfaatannya. Selain itu, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih juga mendesak partai politik sebagai peserta pemilu DPR/D untuk tetap mencoret mantan napi korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, dan Bandar narkoba dari daftar caleg yang mereka calonkan.

“Sikap bijak partai ini penting dilakukan demi menjawab tuntutan publik, perwujudan pemilu berintegritas dari sisi peserta, dan komitmen terhadap pakta integritas yang telah mereka sepakati,” ujar Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih.

Baca juga : Ini Bacaan Pesimistis dari Hasil Pileg 2019

Apabila partai tidak mencoret, KPU mesti mengadopsi gagasan menandai atau memberi keterangan mantan napi korupsi, kejahatan seksual terhadap anak, dan bandar narkoba sesuai dengan kejahatan yang mereka lakukan.

Selain itu, KPU untuk membuka curriculum vitae seluruh caleg Pemilu 2019 tanpa terkecuali, termasuk apabila calon pejabat publik tersebut keberatan.

Publik untuk mengambil peran dengan mengenali rekam jejak caleg dalam pemilu 2019 dan tidak memilih nama-nama yang sudah pernah terbukti melakukan korupsi demi perbaikan legislatif ke depan.

Bawaslu dan seluruh pihak yang selama ini mengaku mempunyai semangat yang sama untuk melarang mantan napi korupsi namun tidak sepakat larangan diatur dalam Peraturan KPU berdiri paling depan untuk mendorong larangan ini masuk dalam UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu. “Buktikan pada publik bahwa memang benar, semangat yang sama itu benar adanya,” ujar Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih. (Very)

Artikel Terkait
Hari ini KPU Serahkan Jawaban dan Alat Bukti Sengketa Pileg 2019
KPU Kembali Sibuk PHPU Pileg 2019
Ini Bacaan Pesimistis dari Hasil Pileg 2019
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas