INDONEWS.ID

  • Selasa, 18/09/2018 22:26 WIB
  • Lantamal II Evakuasi Penumpang Kapal Pesiar KM. Santa Lusia di Perairan Sumbar

  • Oleh :
    • luska
Lantamal II Evakuasi Penumpang Kapal Pesiar  KM. Santa Lusia di Perairan Sumbar
Lantamal II Bantu Evakuasi Penumpang Kapal Pesiar KM. Santa Lusia Di Perairan Sumbar

Jakarta, INDONEWS.ID - Satuan kapal Patroli (Satrol) Lantamal II kerahkan Sea Rider dan Patkamla Marak bantu evakuasi Kapal Pesiar KM. Santa Lusia yang mengalami kebocoran di Perairan Pulau Sinyaru Sumatera Barat.

Berawal dari laporan yang diterima oleh Pasops Satrol Lantamal II Mayor Laut (E) Sumantri dari KSOP pada pukul 04.00 Wib bahwa ada kapal KM Santa Lusia yang mengangkut belasan wisatawan asing mengalami kebocoran, sehingga Pasops Satrol melanjutkan laporan kepada Asops Lantamal II dan Dansatrol Lantamal II selanjutnya diperoleh perintah untuk melaksanakan bantuan pertolongan.

Baca juga : Pelepasan Kapal Perang Jepang “JS Samidare Ridge” (DD-106)

Unsur stanby Satrol segera digerakkan yaitu Sea Rider dan Patkamla Marak, dengan pimpinan Komandan Kal Sinyaru Letda Laut (P) Yeri Kusmantoro untuk melaksanakan bantuan evakuasi. Dikarenakan cuaca yang kurang mendukung dan ombak diperkirakan mencapai 1 hingga 2 meter sehingga Pukul 05.20 Wib tim baru tiba di lokasi kejadian. Bersamaan itu pula tiba tim dari basarnas dan KPLP, maka segera dilaksanakan bantuan evakuasi.

Dari hasil keterangan dilapangan diketahui KM. Santa Lusia mengangkut 12 wisatawan asing yang terdiri dari 10 orang warga Negara Australia dan 2 orang dari Brasil, sedangkan untuk ABK berjumlah 6 orang.

Baca juga : Kapal Perang Jepang Datangi Pangkalan TNI AL Jakarta

Untuk korban selamat berjumlah 17 orang sedangkan meninggal dunia satu orang atas nama Wal Asri yang merupakan Kepala Kamar Mesin (KKM) KM. Santa Lusia, untuk penyebab meninggalnya masih dalam penyelidikan yang berwajib.

Selanjutnya KM. Santa Lusia di evakuasi menuju Dermaga Pelabuhan Muara Padang, sedangkan untuk korban selamat dan meninggal dibawa ke Dermaga Bungus Teluk Kabung Padang.

Baca juga : Kasal Lantik Komandan KRI Albakora-867
Artikel Terkait
Pelepasan Kapal Perang Jepang “JS Samidare Ridge” (DD-106)
Kapal Perang Jepang Datangi Pangkalan TNI AL Jakarta
Kasal Lantik Komandan KRI Albakora-867
Artikel Terkini
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Serius Maju Pilgub NTT 2024, Ardy Mbalembout Resmi Mendaftar di DPD Demokrat
Sekjen Kemendagri Dorong Pemprov DKI Jakarta Optimalkan Pengelolaan Urbanisasi
Peringati Hari Kartini, Ketua DWP Kemendagri Bicara Soal Pemimpin Wanita Masa Kini
Pj Bupati Maybrat Jajaki Kerjasama dengan Asdep Pengembangan Logistik Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas