INDONEWS.ID

  • Senin, 24/09/2018 23:30 WIB
  • TNI AL Tangkap Kapal Vietnam Ilegal Fishing

  • Oleh :
    • luska
TNI AL Tangkap Kapal Vietnam Ilegal Fishing
TNI Angkatan Laut berhasil menangkap satu Kapal Ikan Asing berbendera Vietnam di perairan Anambas, Sabtu (22/9). Diduga kapal tersebut tidak memiliki dokumen lengkap dan syah dari pemerintahan RI, dan sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah NKRI (ZEEI) secara ilegal.

Jakarta, INDONEWS.ID - TNI Angkatan Laut berhasil menangkap satu Kapal Ikan Asing berbendera Vietnam di perairan Anambas, Sabtu (22/9). Diduga kapal tersebut tidak memiliki dokumen lengkap dan syah dari pemerintahan RI, dan sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah NKRI (ZEEI) secara ilegal.

Kejadian tersebut berawal saat KRI SSA-378 menemukan kontak kapal dari radar Sperry Marine Master, dengan kecepatan 2 knot. Setelah dilaksanakan kontak menggunakan radio namun tidak mendapat jawaban, dikarenakan pergerakan kapal mencurigakan Komandan KRI memerintahkan untuk dilaksanakan peran Pemeriksaan dan Penggeledahan.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

KRI SSA-378 melihat di radar kapal tersebut menambah kecepatan menjadi 4 knot dan merubah halu menjadi 290, kemudian dilaksanakan pengejaran namun pada saat didekati kapal tersebut melakukan gerakan berputar dan membahayakan KRI SSA-378. Akhirnya Komandan KRI SSA-378 memerintahkan untuk dilaksanakan tembakan peringatan ke udara sebanyak 4 kali.

Setelah kapal berbendera Vietnam tersebut berhasil diberhentikan, prajurit TNI AL langsung melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, dan diketahui bahwa kapal tersebut tidak memiliki dokumen. Selanjutnya kapal bersama seluruh ABK dikawal oleh KRI SSA-378 menuju Lanal Tarempa untuk menjalani proses lebih lanjut.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
KKP Pantau Kapal Ilegal Fishing 24 Jam
Artikel Terkini
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Serius Maju Pilgub NTT 2024, Ardy Mbalembout Resmi Mendaftar di DPD Demokrat
Sekjen Kemendagri Dorong Pemprov DKI Jakarta Optimalkan Pengelolaan Urbanisasi
Peringati Hari Kartini, Ketua DWP Kemendagri Bicara Soal Pemimpin Wanita Masa Kini
Pj Bupati Maybrat Jajaki Kerjasama dengan Asdep Pengembangan Logistik Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas