INDONEWS.ID

  • Senin, 01/10/2018 23:55 WIB
  • Bantu Korban Gempa Tsunami, TKN Jokowi-Maruf Berangkatkan Relawan

  • Oleh :
    • hendro
Bantu Korban Gempa Tsunami, TKN Jokowi-Maruf Berangkatkan Relawan

Jakarta, INDONEWS.ID - Guna membantu penderitaan korban gempa tsunami di Palu dan Donggala,  Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin terus melakukan konsolidasi organisasi relawan untuk melakukan aksi kemanusiaan.

Memurut Sekretaris TKN Jokowi-Maruf, Hasto Kristiyanto, sejumlah kelompok relawan telah melakukan berbagai aktivitas begitu bencana terjadi.

Baca juga : Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik

Bahkan, kata Hasto, para relawan ada yang telah membuka posko-posko penanganan seadanya di wilayah terdampak, terutama Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

"Beberapa kelompok relawan dari luar Sulteng juga sedang menuju Kota Palu dari berbagai provinsi terdekat seperti Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Di Jakarta, kelompok-kelompok relawan itu juga sudah mulai melakukan upaya pengumpulan bantuan untuk dikirimkan kepada para korban," ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Baca juga : BMKG: Gempa Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Bayah Banten

Untuk itu, Hasto mengatakan, pihaknya akan segera mengkonsolidasikan upaya bersama agar bantuan kemanusiaan itu dapat dilakukan secara efektif. Menurut Hasto, Rumah Aspirasi Rakyat di Jl. Proklamasi 46 Jakarta dijadikan sebagai pusat pengumpulan bantuan.

"Saat ini prioritas bantuan adalah bahan makanan, pakaian, obat-obatan, makanan ibu hamil dan anak-anak, dan selimut. Tim akan lebih memprioritaskan bantuan kepada kebutuhan anak2 dan perempuan serta lansia," ujarnya.

Baca juga : Gempa Bantul Merusak Permukiman Warga di 12 Kecamatan, Ini Lokasinya

Lebih lanjut Hasto mengatakan, TKN sudah memberangkatkan para relawan kemanusiaan untuk membantu penyaluran bantuan, tim medis untuk membantu perawatan dan konseling pasca bencana. Saat ini, mereka semua dalam perjalanan ke lokasi bencana. (Hdr)

Artikel Terkait
Kepala BNPB Hari Ini Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Gresik
BMKG: Gempa Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Bayah Banten
Gempa Bantul Merusak Permukiman Warga di 12 Kecamatan, Ini Lokasinya
Artikel Terkini
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Perkuat Semangat Persaudaraan Antara Siswa, SMP Notre Dame Gelar Paskah Bersama dan Peringatan Hardiknas 2024
PNM Mekaar Beri Reward Ketua Kelompok Unggulan Studi Banding Olahan Jamu Tradisional
PNM Berikan Ruang Bakat dan Silaturahmi Karyawan Lewat Event SEHATI
Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas