INDONEWS.ID

  • Selasa, 09/10/2018 20:30 WIB
  • RSCM Berikan Penghargaan Tim Dokter Relawan Gempa dan Tsunami di Sulteng

  • Oleh :
    • hendro
RSCM Berikan Penghargaan Tim Dokter Relawan Gempa dan Tsunami di Sulteng
Direktur Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Lies Dina Liastuti bersama Tim dokter relawan gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah.

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Lies Dina Liastuti memberikan piagam penghargaan kepada Tim dokter relawan gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 13 dokter RSCM yang telah berjasa membantu dengan cepat para korban gempa tsunami di Palu dan Donggala beberapa waktu lalu, sekaligus dapat mengaktifkan dan menggerakkan kembali sejumlah layanan rumah sakit di sejumlah rumah sakit yang porak poranda di guncang gempa.

Baca juga : Mendagri Serahkan Bantuan dari Humanity Matters Singapura untuk NU, RSCM dan RS Hasanah Graha Afiah

Direktur SCM Lies Dina mengatakan setelah pihaknya mendapatkan informasi adanya gempa yang disertai tsunami beberapa waktu lalu, dirinya bersama para dokter RSCM langsung berinisiatif memberangkatkan sejumlah dokter untuk membantu evakuasi korban dalam penanganan medisnya. 

Dokter Lies memerintahkan timnya untuk membawa peralatan medis seperti infus,obat obatan,pelaratan bedah darurat, dan alat kesehatan penunjang lainnya dari RSCM, bukan itu saja bahkan RSCM langsung mengeluarkan anggaran rumah tangganya sendiri untuk misi kemanusiaan tersebut, ditambah dengan mengalirnya donasi donasi dari rekan rekan pihak RSCM, walaupun anggaran yang dimilikinya terbatas, tim dokter RSCM tetap menunaikan kewajibannya di Palu dan Donggala.

Baca juga : Yayasan Buddha Tzu Chi Serahkan 4000 Masker dan 100 Baju Isolasi untuk RSCM

Ketigabelas dokter yang tergabung dalam tim pertama ini terdiri dari dokter umum dan dokter spesialist, seperti dokter bedah, 2 dokter spesialis anestesi, 2 dokter penyakit dalam, 3 dokter orthopedy,dokter umum dan dokter gawat darurat.

Para dokter dan perawat tersebut bertugas selama seminggu di Palu dan Donggala, dan terus dilanjutkan oleh tim dokter relawan kedua dari RSCM dengan penambahan dokter, karena pada tim kedua dan ketiga komposisi keadaannya berbeda.

Baca juga : Dinas Damkar DKI Sebut RSCM Kebanjiran Karena Saluran Air Terlalu Kecil

Dikatakan Lies Dina pada awal penanganan medis, difokuskan ke dokter bedah, orthopedy, sedangkan pada tim kedua ditambah dengan dokter kebidanan hal tersebut lantaran karena  shok dengan keadaan banyak ibu ibu yang melahirkan prematur, dan dokter anak.

Sedangkan tim ketiga akan ditambah lagi dengan dokter Psikiatri untuk mengataksi trauma pasca gempa dan tsunami tersebut. 

Sedangkan tim dokter relawan RSCM yang ke 4 dan 5 itu, lanjut Lies Dina, akan diberangkatkan sesuai hasil evaluasi perkembangan penanganan medis dan kondisi masyarakat Palu dan Donggala. 

Artikel Terkait
Mendagri Serahkan Bantuan dari Humanity Matters Singapura untuk NU, RSCM dan RS Hasanah Graha Afiah
Yayasan Buddha Tzu Chi Serahkan 4000 Masker dan 100 Baju Isolasi untuk RSCM
Dinas Damkar DKI Sebut RSCM Kebanjiran Karena Saluran Air Terlalu Kecil
Artikel Terkini
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas