INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/10/2018 01:05 WIB
  • Ketiga Kalinya, Kemendikbud Gelar Apresiasi Pendidikan Keluarga

  • Oleh :
    • Ronald
Ketiga Kalinya, Kemendikbud Gelar Apresiasi Pendidikan Keluarga
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama dengan para penerima penghargaan Apresiasi Pendidikan Keluarga

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan Apresiasi Pendidikan Keluarga yang telah diinisiasi sejak 2016. Untuk ketiga kalinya juga apresiasi ini diberikan langsung oleh Mendikbud Muhadjir Effendy kepada Orang Tua Hebat dan Sekolah Sahabat Keluarga, di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10) kemarin.

Dalam kesempatan ini, Muhadjir mengatakan bahwa pendidikan dimulai dari keluarga dan orang tua sebagai pendidik utama. Oleh karena itu, peran aktif dan pelibatan orang tua dalam pendidikan anak adalah suatu keharusan.

Baca juga : Bantuan untuk Turkiye Operasi Kemanusiaan Terbesar Indonesia

“Untuk terwujudnya hal tersebut diperlukan dorongan, upaya peningkatan kemampuan, dan contoh-contoh praktik baik. Pemberian apresiasi kepada semua pihak yang terkait dengan upaya ini merupakan salah satu cara untuk menggiatkan upaya tersebut,” ujar Mendikbud. 

Selain itu, dirinya juga menekankan pentingnya peran aktif orang tua dalam pendidikan anak di satuan pendidikan, sehingga mendukung terbentuknya insan dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong-royong.

Baca juga : Pemerintah Akan Bangun Kembali Infrastrukur yang Rusak

“Keluarga sebagai salah satu pilar dalam tri pusat pendidikan memiliki peran yang signifikan dalam mendukung keberhasilan pendidikan nasional,” ujar Muhadjir. 

Menurutnya, Apresiasi Pendidikan Keluarga tidak hanya memberikan penghargaan kepada orang tua hebat yang menampilkan figur orang tua atau keluarga yang dinilai berhasil mendidik anak-anak tetapi juga kepada Sekolah Sahabat Keluarga yang menampilkan praktik baik pelibatan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan.

Baca juga : Menko PMK Cek Apotek Hingga Fasyankes di Bogor yang Jual Obat Sirup

“Dengan diadakannya Apresiasi Pendidikan Keluarga, saya berharap agar dapat tersosialisaskannya pendidikan keluarga di masyarakat, memperluas akses dan pemerataan layanan pendidikan keluarga dalam mewujudkan generasi yang berkarakter dan berbudaya prestasi, serta meningkatnya intensitas pelibatan keluarga dalam pendidikan anak-anak,” pesan Mendikbud.

Penyelenggaraan Apresiasi Pendidikan Keluarga kali ini menghadirkan 83 penerima penghargaan, terdiri dari 10 keluarga hebat terpilih, 40 pemenang lomba jurnalistik dan blog, 12 pemenang lomba film/video pendek, dan 21 sekolah sahabat keluarga mulai tingkat PAUD hingga SMA/K.

Acara ini juga dihadiri sekitar 150 undangan, antara lain, para pejabat di lingkungan Kemendikbud, kementerian/lembaga terkait, mitra pegiat yang tergabung dalam komunitas sahabat keluarga, dan mitra terkait lainnya.

Selain menerima penghargaan, para pemenang lomba dan nominasi juga diberikan berbagai bentuk edukasi pendidikan keluarga oleh pada motivator dan narasumber sesuai dengan kategori penghargaan. (ronald)

Artikel Terkait
Bantuan untuk Turkiye Operasi Kemanusiaan Terbesar Indonesia
Pemerintah Akan Bangun Kembali Infrastrukur yang Rusak
Menko PMK Cek Apotek Hingga Fasyankes di Bogor yang Jual Obat Sirup
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
PTPN IV Regional 4, Bangun Tempat Wudhu Masjid Tuo
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Pj Bupati Maybrat Sidak SMK Negeri Ayamaru, Minta Pengelola Terapkan SOP Soal Pengunaan Fasilitas Laboratorium
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas