INDONEWS.ID

  • Sabtu, 17/11/2018 19:08 WIB
  • Mabes TNI dan PUSHIDROSAl Laksanakan Inspeksi Survei Hidros di Pulau Morotai

  • Oleh :
    • hendro
Mabes TNI dan PUSHIDROSAl Laksanakan Inspeksi Survei Hidros di Pulau Morotai
Letkol  Laut  (P)  Agus  Hendra  Gunawan,  ST.  M.Tr.Hanla. saat bersama tim

Morotai, INDONEWS.ID - Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi  di perairan  Morotai Provinsi Maluku Utara,  dilakukan oleh Paban VI Surta Sops Mabes TNI Kolonel CTP Drs. Ibnu Fatah, M.Sc, Sabtu (17/11/2018).

Survei hidrografi dan oseanografi ini dilaksanakan Pushidrosal dalam rangka mendukung kepentingan Militer untuk pembuatan Peta Tempur Gabungan TNI  serta informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk publikasi nautika di perairan tersebut. 

Baca juga : Pushidrosal Gelar Seminar International Hari Hidrografi Dunia 2023

Selain itu, data survei hidro - oseanografi juga bertujuan untuk mengupdate  Peta Laut Indonesia (PLI) perairan  Morotai  2015.  

Pelaksanaan survei yang dilaksanakan oleh Pushidrosal juga memiliki nilai yang strategis karena P. Morotai sebagai salah satu pulau - pulau kecil terluar yang dimiliki oleh Indonesia yang berbatasan langsung dengan Philipina.

Baca juga : Kemendagri Bahas Supervisi Penegasan Status Pulau, Pushidrosal sebagai Narasumber

Turut mendampingi Paban VI Surta Sops TNI dalam inspeksi tersebut, Kepala Dinas Hidrografi Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Ir. Nur Riyadi, M.Si, Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Kariadi Bangun, M.Tr.Hanla.

Pushidrosal  berdasarkan  Perpres  RI  No.  164  tahun  1960  sebagai  Lembaga Hidrografi Nasional , diperkuat dengan Perpres RI No.  62/2016 Pushidrosal sebagai Kotama Pembinaan  TNI AL,  bertugas melaksanakan kegiatan hidro - oseanigrafi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan TNI.  

Baca juga : Indonesia Ajukan Pembakuan Nama Fitur Bawah Laut di IHO/IOC-Unesco

Pushidrosal dengan data hidro-oseanografi  yang mempunyai ketelitian standard SP. 44 IHO  siap mendukung kebutuhan TNI akan Peta Tempur Gabungan.

Paban VI Surta Sops TNI   menambahkan, bahwa selain untuk penyiapan  Peta Tempur Gabungan di perairan Sopi, Pangeo, Gurango dan Tawakali, P.  Morotai, data hasil survei itu juga akan digunakan untuk update peta laut Indonesia No. 391, atau  pemutakhiran peta laut di wilayah tersebut,  sehingga dapat membantu mempercepat konektivitas pelayaran di perairan Indonesia bagian Timur dan  rangka mendukung program Tol laut Indonesia serta pembangunan kelautan di Kabupaten Morotai.

Pada kesempatan tersebut, Paban VI Surta Sops TNI   meninjau secara langsung Posko   tim   Survei   yang   berada   di   Posal   Bere-bere,   Kecamatan   Morotai Utara,  sebagai salah satu bentuk perhatian Paban VI Surta Sops TNI atas kinerja seluruh tim survei dalam rangka penyiapan Peta Tempur Gabungan TNI.

Selain itu, juga melihat langsung pelaksanaan survei dan melihat kondisi morfologi  pantai, serta kondisi personel survei di Posko sedang melaksanakan pengolahan data lapangan.

Paban VI Surta Sops TNI tersebut menerima paparan dari Komandan Unit Satuan Tugas  Surta  Hidros  ,  Letkol  Laut  (P)  Agus  Hendra  Gunawan,  ST.  M.Tr.Hanla. meliputi teknis dan metode survei yang telah dilaksanakan juga diperlihatkan hasil survei berupa lembar lukis lapangan (LLL) yang menggambarkan detail angka kedalaman laut dan kontur  gambar detail darat, bahaya navigasi dan kedangkalan yang ditemukan serta telah digambarkan pantai  pendaratan yang direkomendasikan oleh Tim.

Survei,  disampaikan pula data pengamatan oseanografi dan  informasi geografi maritim pada area survei.

Survei dilaksanakan oleh Tim Pushidrosal ini telah berlangsung selama 21 hari dan telah memasuki tahap pengakhiran survei.

Adapun data yang telah didapatkan oleh tim survei  akan segera divalidasi  dan diolah kembali  di Pushidrosal,  dan akan disajikan  dalam bentuk  Peta  Tempur  Gabungan  yang  nantinya  akan  digunakan untuk kepentingan operasi TNI.(hdr)

Artikel Terkait
Pushidrosal Gelar Seminar International Hari Hidrografi Dunia 2023
Kemendagri Bahas Supervisi Penegasan Status Pulau, Pushidrosal sebagai Narasumber
Indonesia Ajukan Pembakuan Nama Fitur Bawah Laut di IHO/IOC-Unesco
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas