INDONEWS.ID

  • Selasa, 20/11/2018 21:30 WIB
  • Pemerintah Hadirkan BBM Satu Harga di Pedalaman Kalimantan Selatan

  • Oleh :
    • very
Pemerintah Hadirkan BBM Satu Harga di Pedalaman Kalimantan Selatan
Masyarakat di Desa Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan, kini dapat menikmati harga bahan bakar minyak (BBM) yang lebih murah. Lembaga penyalur BBM satu harga itu resmi beroperasi di wilayah tersebut pada Senin (19/11). (Foto: esdm.go.id)

Laksado, INDONEWS.ID -- Masyarakat di Desa Malinau Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan, kini dapat menikmati harga bahan bakar minyak (BBM) yang lebih murah. Lembaga penyalur BBM satu harga itu resmi beroperasi di wilayah tersebut pada Senin (19/11).

Peresmian SPBU kompak BBM satu harga di Loksado ini merupakan titik ke-96 dari total 160 titik yang ditargetkan pemerintah hingga akhir tahun 2019.

Baca juga : DEM Indonesia Bersama KESDM Ajak Generasi Muda Sukseskan Transisi Energi dan G20

Kecamatan Loksado di HSS berjarak sekitar 100 km dari Banjarmasin yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk sampai ke Loksado ditempuh lewat jalur darat dengan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Banjarmasin.

Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak yang hadir sekaligus meresmikan BBM satu harga di HSS mengatakan bahwa peresmian ini merupakan wujud upaya kepedulian pemerintah terhadap masyarakat di wilayah-wilayah yang belum menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di pulau Jawa.

Baca juga : Bertemu Menteri ESDM, Bamsoet Dorong Pengembangan Energi Terbarukan untuk Kendaraan Listrik

Selain itu ia juga mengimbau agar masyarakat bersama Pemerintah Daerah setempat untuk ikut mengawasi ketersediaan dan pendistribusian BBM satu harga di wilayahnya. "Ini agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. Tidak boleh ada industri dan oknum yang menikmati program BBM satu harga untuk kepentingan pribadi," ujar Patuan seperti dikutip esdm.go.id.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dalam sambutannya mewakili Bupati HSS Achmad Fikry menyambut baik beroperasinya SPBU kompak BBM satu harga di wilayahnya.

Baca juga : Menteri ESDM Tegaskan Persediaan Solar Masih Aman

Ia berharap dengan adanya program BBM satu harga di HSS dapat mendorong perekonomian masyarakat dan memudahkan masyarakat memperoleh harga BBM yang lebih murah.

"Semoga dengan dibangunnya SPBU itu bisa memberikan kemudahan untuk warga Loksado memenuhi keperluan BBM dengan harga yang sama dengan SPBU di tempat lainnya," tutur Syamsuri.

Sebelum adanya program BBM satu harga, masyarakat di Loksado membeli BBM dengan harga rata-rata eceran Rp 9.000 - Rp 10.000 per liter untuk Premium dan Rp 7.000 - Rp.10.000 per liter untuk Biosolar tergantung stok ecerannya.

Dengan diresmikannya SPBU Kompak ini, masyarakat pedalaman Kalimantan Selatan tersebut dapat menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di daerah lainnya di Indonesia yaitu untuk harga Premium sebesar Rp 6.450 per liter dan untuk Solar sebesar Rp 5.150 per liter. (Very)

 

Artikel Terkait
DEM Indonesia Bersama KESDM Ajak Generasi Muda Sukseskan Transisi Energi dan G20
Bertemu Menteri ESDM, Bamsoet Dorong Pengembangan Energi Terbarukan untuk Kendaraan Listrik
Menteri ESDM Tegaskan Persediaan Solar Masih Aman
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Temukan Fakta Mengejutkan Saat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Utara
Pj Bupati Maybrat Sidak SMK Negeri Ayamaru, Minta Pengelola Terapkan SOP Soal Pengunaan Fasilitas Laboratorium
Perjalanan Epik Menuju Rumah: Pengalaman Seru dari Ranca Buaya hingga Cibubur
Kenal Pamit` Kadispenau, Sederhana namun Meriah
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas