INDONEWS.ID

  • Selasa, 15/01/2019 05:55 WIB
  • Sri Mulyani : Pajak Memiliki Peran Penting Dalam Pembangunan

  • Oleh :
    • Ronald
Sri Mulyani : Pajak Memiliki Peran Penting Dalam Pembangunan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan langkah penerbitan aturan pajak e-commerce dimaksudkan untuk menata industri itu sendiri agar bisa bersaing dengan negara lain.

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk tidak meributkan kebijakan pajak e-commerce yang rencananya akan diberlakukan pada April 2019.

"Yang kita atur adalah tata laksananya, jadi tidak perlu takut atau diributkan karena ini sudah melalui perhitungan yang ada. Ini akan berhubungan dengan iklim investasi," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menteri Keuangan mengakui pajak masih sangat sensitif bagi masyarakat Indonesia. Padahal, pajak memiliki peran penting dalam pembangunan.

"Kalau orang dengar pajak itu kepalanya langsung korslet, dia sudah tidak bisa mikir, tidak bisa diajak ngomong. Pokoknya dia takut langsung khawatir saja, padahal kita memungut pajak dengan tema sangat hati-hati," ujar dia.

Langkah penerbitan aturan pajak e-commerce, kata dia, dimaksudkan untuk menata industri itu sendiri agar bisa bersaing dengan negara lain. Pemungutan pajak dilakukan tanpa merusak fondasi.

"Indonesia ini destinasi investasi yang luar biasa menarik, karena kita populasinya besar, dan keinginan connect terhadap ekonomi digital itu sangat tinggi. Oleh karena itu Amazon ingin masuk ke sini, dari sisi unicorn di Indonesia yang sudah masuk mampu meng-establish suatu keunggulan kompetitif dari Indonesia," ujar dia.

Seusai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 210 tahun 2018 yang menyatakan, pedagang serta penyedia jasa yang berjualan melalui platform marketplace wajib memberitahukan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kepada pihak penyedia platform. Apabila belum memiliki NPWP, pelaku usaha dapat mendaftarkan diri atau memberitahukan Nomor Induk Kependudukan (NIK). (ronald)

 

Baca juga : Pajak Jaksel II Buka Layanan Pajak di INACRAFT dan beberapa Mal di Jaksel
Artikel Terkait
Pajak Jaksel II Buka Layanan Pajak di INACRAFT dan beberapa Mal di Jaksel
Menteri Keuangan: pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 4,94% secara tahunan pada kuartal III-2023
Pasar Rakyat Kanwil KP Jaksel II, Wujud Pembinaan UMKM dan Sosialisasi Program
Artikel Terkini
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Enam Titik Sumur Bor Bertenaga Matahari di Mamuju
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas