INDONEWS.ID

  • Kamis, 17/01/2019 07:19 WIB
  • Debat Capres cawapres Digelar Nanti Malam, Capres 01 Tetap Unggul

  • Oleh :
    • luska
Debat Capres cawapres Digelar Nanti Malam, Capres 01 Tetap Unggul
Kedua pasangan Capres dan cawapres dalam Pilpres 2019.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gong perdebatan seru saling mengemukakan visi maupun misi program kerja 5 tahun kedepan calon presiden dan wakil presiden RI Kamis (17/1/2019) nanti malam dimulai.

Acara spektakuler yang bakal menyedot perhatian seluruh masyarakat Indonesia ini akan digelar di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, pukul 19.00 WIB dan akan disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi swasta.

Baca juga : Sekjen PDIP : Kalau Kalah, Jangan Cari Kambing Hitam

Debat capres dan cawapres perdana ini akan dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Priyono. Debat yang sekaligus menjadi panggung bagi pasangan capres dan cawapres untuk menyampaikan gagasan-gagasan besarnya akan berlangsung selama 100 menit.

Acara debat ini nantinya akan dibagi menjadi 6 segmen, dengan rincian yaitu segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari para pakar.

Baca juga : Hasto Kristiyanto Sebut Prabowo Lakukan Blunder

Segmen keempat dan kelima adalah debat antar kandidat dengan pertanyaan yang diajukan masing-masing paslon. Dan terakhir segmen keenam ada closing statement dari masing-masing paslon.

Menjelang debat perdana, elektabilitas pasangan Joko Widodo–Ma’ruf Amin masih mengungguli pasangan Prabowo Subianto–Sandiaga Uno. Menurut survei Charta Politika yang dilansir Rabu (16/1/2019, elektabilitas Jokowi–Ma’ruf 53,2 persen, sementara Prabowo–Sandiaga 34,1 persen.

Baca juga : Ini Profil Moderator Debat, Ira Koesno dan Imam Priyono

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyebutkan, elektabilitas kedua pasangan relatif stagnan karena tingkat kemantapan pemilih loyal sudah besar.

"Pak Prabowo masih unggul di Sumatera, DKI dan Banten. Lumbung suara Pak Jokowi di Jateng dan Jatim. Terjadi pertarungan menarik sehingga Jabar akan jadi daerah tempur karena tarik menarik. Kemudian Kalimantan Pak Jokowi masih unggul. Papua juga masih diungguli Pak Jokowi," kata Yunarto.

Berikut hasil survei elektabilitas capres-cawapres:

Joko Widodo-Ma`ruf Amin: 53,2%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 34,1%
Belum memutuskan/tidak menjawab: 12,7%.

(Lka)

 

Artikel Terkait
Sekjen PDIP : Kalau Kalah, Jangan Cari Kambing Hitam
Hasto Kristiyanto Sebut Prabowo Lakukan Blunder
Ini Profil Moderator Debat, Ira Koesno dan Imam Priyono
Artikel Terkini
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Serius Maju Pilgub NTT 2024, Ardy Mbalembout Resmi Mendaftar di DPD Demokrat
Sekjen Kemendagri Dorong Pemprov DKI Jakarta Optimalkan Pengelolaan Urbanisasi
Peringati Hari Kartini, Ketua DWP Kemendagri Bicara Soal Pemimpin Wanita Masa Kini
Pj Bupati Maybrat Jajaki Kerjasama dengan Asdep Pengembangan Logistik Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas