INDONEWS.ID

  • Kamis, 07/02/2019 07:48 WIB
  • KRI Sigalu-857 Tangkap Kapal Tongkang Muat Kayu Ilegal di Perairan Tanjung Balai Asahan

  • Oleh :
    • luska
KRI Sigalu-857 Tangkap Kapal Tongkang Muat Kayu Ilegal di Perairan Tanjung Balai Asahan
KRI Sigalu-857 Koarmada I Tangkap Kapal Tongkang Muat Kayu Tanpa Dokumen Faktur Angkut Kayu Bulat di Perairan Tanjung Balai Asahan

Jakarta, INDONEWS.ID - KRI Sigalu-857 Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal I berhasil menangkap Kapal Tugboat yang menggandeng Tongkang dengan muatan Kayu Log Meranti 1.738 Batang di Perairan Utara Tanjung Balai Asahan.

Penangkapan berawal saat KRI Sigalu-857 melaksanakan patroli sektor, mendapatkan kontak kapal yang mencurigakan disekitar Perairan Utara Tanjung Balai Asahan. Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Sigalu-857 melaksanakan prosedur Pengejaran, Penangkapan, dan Penyelidikan (Jarkaplid) yang dilanjutkan dengan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan terhadap muatan, abk dan dokumen kapal tersebut.

Baca juga : Indonesia Jadi Contoh Bagi Kerja Sama Melawan Perdagangan Kayu Ilegal

Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal TB. Puma-57, Tonage 209 GT dan TK. Puma-58, Tonage 3.107 GT, Kebangsaan Indonesia, Pemilik PT. Tj Timber Industri, Jumlah ABK 10 orang, Muatan Kayu Log Meranti 1.738 Batang atau 6.845.44 M³, Rute Pelayaran dari Pulau Seram tujuan Belawan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Kapal TB. Puma-57 dan TK. Puma-58, diduga melakukan pelanggaran karena Surat Laut Expired, SKSHH (Surat Keterangan Sah Hasil Hutan) Expired, Buku Pelaut Nahkoda dan KKM Expired, dan Oil Water Separator (OWS) tidak berfungsi.

Baca juga : Lanal Dumai Tangkap Kapal Muat Kayu Di Perairan Pulau Tiga Selat Panjang

Atas dasar dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Sigalu-857 Mayor Laut (P) Rifqi Muarief, memerintahkan agar Kapal TB. Puma-57 dan TK. Puma-58 tersebut di adhoc ke Lantamal I Belawan untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut. (Lka)

 

Baca juga : KRI Sigalu-857 Koarmabar Tangkap Kapal Ikan Langgar UU Perikanan di Perairan Belawan
Artikel Terkait
Indonesia Jadi Contoh Bagi Kerja Sama Melawan Perdagangan Kayu Ilegal
Lanal Dumai Tangkap Kapal Muat Kayu Di Perairan Pulau Tiga Selat Panjang
KRI Sigalu-857 Koarmabar Tangkap Kapal Ikan Langgar UU Perikanan di Perairan Belawan
Artikel Terkini
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas