INDONEWS.ID

  • Sabtu, 09/02/2019 19:40 WIB
  • Indonesia Promosikan 10 Bali Baru di Brussel Holiday Fair 2019

  • Oleh :
    • hendro
Indonesia Promosikan 10 Bali Baru di Brussel Holiday Fair 2019
Istimewa

Brussel, INDONEWS.ID - KBRI Brussel dengan dukungan Kementerian Pariwisata kembali hadir pada pameran utama di Belgia, Brussels Holiday Fair yang diselenggarakan di Brussels Expo dari tanggal 7-10 Februari 2019.

Dalam even tersebut, Indonesia mempromosikan "10 Bali Baru" pada pameran Brussels Holiday Fair di Brussels Expo, daftar 10 Bali baru yang disebut Pemerintah yaitu, Danau Toba, Belitung, Candi Borobudur, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, Taman Nasional Wakatobi, Pulau Morotai.

Sebanyak 10 tur operator berpartisipasi pada pameran di pavilion Indonesia dan menjual berbagai paket wisata diluar Bali kepada para pengunjung yaitu Azimuth Adventure Travel Ltd (berbasis di Yogyakarta), DMC East Nusa Tenggara (berbasis di Flores Nusa Tenggara Timur), Buitenzorg Reizen (berbasis di Belgia dan memiliki agen lokal di Makasar dan Yogyakarta), Travel Papua (berbasis di Manokwari Irian Jaya), Budi Tours Indonesia (berbasis di Yogyakarta), Wapa di Ume Resorts, DMC Kelana (berbasis di Bali), Jungle Kayak (Yogyakarta), Mandara (berbasis di Palu, Sulawesi Tengah), Trip Trik Travel (berbasis di Jakarta) dan Nias Travel (berbasis di Luksemburg).

Duta Besar RI di Brussel pada 7 Februari 2019 lalu, secara resmi membuka pavilion Indonesia dan mengundang warga Belgia untuk berkunjung ke Indonesia dan berkunjung ke pavilion Indonesia untuk mengetahui lebih banyak destinasi yang ditawarkan.

Bencana alam tahun lalu yang melanda destinasi utama di Indonesia pada semester kedua 2018 (Lombok dan Bali) telah mengakibatkan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan Belgia ke Indonesia tidak begitu besar.

Pada 2018, kenaikan wisawatan hanya tercatat 3% (2018: 49942 orang ;  2017: 48477 orang), sementara pada 4 tahun terakhir umumnya tercatat kenaikan sebesar 10%. Untuk memberikan solusi terhadap kenyataan tersebut, penyelenggaraan Brussels Holiday Fair telah dimanfaatkan untuk mempromosikan lebih gencar destinasi utama Indonesia.

Selama 4 hari pameran, tur operator Indonesia berupaya untuk menarik jumlah pengunjung untuk berlibur ke Indonesia. Pavilion Wonderful Indonesia menampilkan berbagai kegiatan menarik pengunjung antara lain dengan tari-tarian, kuliner, promosi kopi dari barista asal Indonesia hingga kuiz. Paviliun yang didesain dengan bentuk atap rumah adat suku Sasak dari Lombok.

Brussels Holiday Fair menjadi pameran satu-satunya di Belgia yang diikuti oleh 350 eksibitor dan setiap tahunnya dikunjungi lebih dari 100 ribu pengunjung.

Indonesia menjadi partisipan tetap pameran ini sejak 2011. Mengulang 2012 dimana Indonesia menjadi negara tamu pameran, tahun ini, Kementerian Pariwisata kembali mendukung KBRI Brussel dan menghadirkan pavilion Wonderful Indonesia di Hall 3.

Pameran tahun ini membawa tema Carnival – Sun, Sea, Air & Nature – Groups, Kids & Families - Travel Tomorrow. Pameran ini pada dasarnya menjadi ajang pertemuan industri pariwisata dan konsumen dengan 67% pengunjung adalah returned visitors alias memiliki pengunjung tetap setiap tahunnya yang berupaya mencari informasi mengenai destinasi yang akan dikunjungi pada musim panas mendatang sementara 33% pengunjung biasanya melakukan booked trip saat pameran.

Pameran sudah berlangsung lebih dari 50 tahun dan umumnya warga dan agen pariwisata Belgia dari komunitas berbahasa Belanda hadir pada pameran ini yang juga mengembangkan pasar di wilayah Belanda.

Beberapa tur operator lain yang menjadi eksibitor tetap pameran dan telah menjual paket wisata Indonesia di Belgia antara lain Neckermann, Joker, Travel Sensations, Travel Excellence, TUI, BT Tours. Untuk destinasi seperti Indonesia, informasi dan booking yang mereka lakukan akan tercermin pada angka kunjungan wisata pada musim panas mendatang.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Kacang Tanah di Perbatasan RI-RDTL
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas