INDONEWS.ID

  • Rabu, 27/02/2019 17:31 WIB
  • Menhub Apresiasi Kemenkeu Optimalisasi Program Pelayanan Umum

  • Oleh :
    • Ronald
Menhub Apresiasi Kemenkeu Optimalisasi Program Pelayanan Umum
Menhub menjelaskan, BLU juga diberi kesempatan melakukan rekrutmen dari professional di bidang tertentu sebagai tenaga kerja non PNS, sehingga fungsi pelayanan dapat lebih optimal.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Perhubungan mendukung langkah Kementerian Keuangan yang terus berupaya mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat melalui Badan Layanan Umum (BLU) yang dimiliki oleh Pemerintah.

Salah satu bentuk optimalisasi yang dilakukan yaitu menerapkan teknologi informasi untuk mengawasi kinerja seluruh BLU yang ada.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung langkah Kemenkeu untuk menjadikan BLU sebagai cara baru pemerintah, dengan cara kerja professional seperti korporasi. Tidak seperti mekanisme birokrasi, dimana penganggaran harus diberikan oleh pusat, BLU diberikan kewenangan langsung sehingga dapat pelayanan masyarakat lebih cepat dan optimal,“ kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Badan Layanan Umum 2018 dengan tema “Inovasi Teknologi dan Kolaborasi BLU untuk Pelayanan Lebih Baik” di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Menhub menjelaskan, BLU juga diberi kesempatan melakukan rekrutmen dari professional di bidang tertentu sebagai tenaga kerja non PNS, sehingga fungsi pelayanan dapat lebih optimal.

“Mereka (pegawai BLU) menjadi elemen yang berkompetensi di bidangnya dan mendapatkan imbal gaji yang berbanding lurus dengan kemampuan mereka yang dituntut untuk semakin mengefisienkan BLU,” jelas Menhub.

Kemenhub sendiri telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan BLU , salah satunya yaitu menerapkan kerjasama operasi (KSO) dan kerjasama pemanfaatan (KSP) pada pelayanan jasa bandara.

Dengan skema kerjasama tersebut, diharapkan dapat menekan penggunaan APBN serta memperlihatkan kreativitas para pengelola Bandar Udara untuk berlomba-lomba memberikan layanan terbaiknya pada masyarakat. (rnl)

 

Baca juga : Plt. Kepala BKN: CPNS Pusat Akan Ditempatkan di IKN
Artikel Terkait
Plt. Kepala BKN: CPNS Pusat Akan Ditempatkan di IKN
Awal Tahun 2024, PPNS DJP Jaksel II Serahkan Tersangka Pidana Pajak ke Kejari Jakarta Selatan
Libur Nataru, Menhub: Tanggal 1 dan 2 Januari 2024 Terjadi Puncak Arus Balik
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas