INDONEWS.ID

  • Senin, 04/03/2019 09:32 WIB
  • Pangkalan TNI AL Ranai Musnahkan 3 Kapal Ikan Asing Vietnam Pelaku Ilegal Fishing di Perairan Pulau Tiga Natuna

  • Oleh :
    • luska
Pangkalan TNI AL Ranai Musnahkan 3 Kapal Ikan Asing Vietnam Pelaku Ilegal Fishing di Perairan Pulau Tiga Natuna
Pangkalan TNI AL Ranai Musnahkan 3 Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam Pelaku Ilegal Fishing Di Perairan Pulau Tiga Natuna.(Dispen Koarmabar)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai memusnahkan 2 buah barang bukti berupa KIA Vietnam pelaku illegal fishing di Perairan Pulau Tiga Natuna dengan cara ditenggelamkan.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, menjelaskan bahwa kapal ikan asing tersebut sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Pengadilan Negeri (PN) Ranai untuk dimusnahkan.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

“Penenggelaman ini sengaja dipercepat untuk mekanisme memperlancar proses hukum dan untuk mengurangi resiko bagi Warga Negara Asing (WNA) yang menjadi tersangka,” jelas Kolonel Harry.

“Dengan dilaksanakannya eksekusi pemusnahan 2 KIA Vietnam tersebut, berarti sudah ada 3 buah Kapal Ikan Asing Vietnam yang telah dimusnahkan, dimana sehari sebelumnya Jumat (2/3), 1 buah Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BV 98299 TS telah dimusnahkan dengan cara dibakar pada posisi 03 40 22 LU - 108 6 31 BT di Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga. “Kapal asing berbendera Vietnam yang satu ini tidak bisa ditarik ke lokasi penenggelaman, karena sudah rusak parah. Maka kami memutuskan untuk membakarnya di lokasi yang tidak jauh dari tempat lego jangkar kapal tersebut,” ujar Danlanal Ranai.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Lebih lanjut disampaikan bahwa pemusnahan ketiga kapal ini dilaksanakan lebih cepat untuk memperlancar proses hukum, karena apabila pemusnahannya dilaksanakan pada kegiatan penenggelaman serentak secara nasional, maka kasus tersebut tidak bisa dilaksanakan penyerahan tahap 2 ke Kejari Natuna dalam waktu yang cepat.

Menurutnya, tindakan memusnahkan KIA dengan cara dibakar ini boleh dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia

“Hari ini kita kembali musnahkan 2 buah KIA yaitu KIA Vietnam KG 94810 TS, merupakan tangkapan KRI Wiratno-379 ditenggelamkan pada posisi 03 35 970 U - 108 06 693 T, dan KIA Vietnam BV 92439 TS, merupakan tangkapan KRI Silas Papare-386 ditenggelamkan pada posisi 03 36 033 U - 108 06 682 T,” terangnya.

Pemusnahan ini menindaklanjuti perintah Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, SE., M.M., untuk memusnahkan Barang Bukti Kapal Ikan Asing (KIA) yang beroperasi secara illegal di perairan yurisdiksi nasional, tindakan ini dilakukan karena para pelaku sudah melanggar kedaulatan negara Republik Indonesia. Penenggelaman dilakukan sebagai upaya pemerintah memberikan efek jera terhadap aksi pencurian ikan di Perairan Natuna.

Proses pemusnahan Kapal Ikan Asing Vietnam dengan cara ditenggelamkan diharapkan kondisi kapal tetap terjaga dan dapat berfungsi sebagai rumpon di lokasi penenggelaman kapal. Kapal-kapal ini kita tenggelamkan secara perlahan agar tidak mencemari laut yang ada di Perairan Natuna. Harapan kita dengan ditenggelamkannya kapal ini nantinya akan tumbuh terumbu karang sebagai tempat berkumpulnya ikan serta biota laut lainnya.

Pada kesempatan itu pula, Komandan Lanal Ranai mengajak masyarakat untuk ikut serta memerangi praktek illegal fishing salah satunya dengan cara ikut serta mengawasi pergerakan pelaku pencurian ikan oleh Kapal Ikan Asing (KIA) di Perairan Indonesia.

Kegiatan penenggelaman ini dilaksanakan dengan dukungan unsur KAL P. Bungaran, dua buah Sea Rider Lanal Ranai, Speed Boat Posal Sabang Mawang dan dua buah pompong masyarakat Sabang Mawang.

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh Komandan Lanal Ranai kepada instansi serta masyarakat yang telah membantu kelancaran proses pemusnahan Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam.(Lka)

Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
Antisipasi Kebijakan Ekonomi dan Politik dalam Perang Iran -Israel
Berangkatkan Lebih dari 10 Ribu Penumpang, Mudik Gratis di Sumut Berhasil Tekan Penggunaan Sepeda Motor
Pimpinan PNM Tegaskan Program Mekaar Solusi bagi Perempuan Indonesia
Kisah Sukses Dewi, Nasabah PNM Kembangkan Bisnis Minuman Kesehatan
Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas