INDONEWS.ID

  • Senin, 25/03/2019 16:40 WIB
  • Wow.. Ekspor Pisang dari Lampung Sudah Sampai ke Singapura dan Tiongkok

  • Oleh :
    • Syailendra
Wow.. Ekspor Pisang dari Lampung Sudah Sampai ke Singapura dan Tiongkok
Pisang Mas Asal Lampung

Lampung, Indonews.id - Selain dipasarkan ke pasar domestik, pisang ini juga telah menembus pasar ekspor. Tercatat pada 2018 pernah diekspor ke Singapura dan Tiongkok. Pisang mas yang dikembangkan melalui pola ini ternyata memiliki potensi ekspor yang cukup besar.

Bahkan kebutuhannya belum dapat dipenuhi karena banyaknya permintaan dari negara-negara seperti Singapura, Tiongkok dan Timur Tengah. Permintaan ekspor ke Singapura baru seperlimanya dapat terpenuhi.

Baca juga : Pendapatan Petani Pisang Meningkat Karena Bermitra dengan Pemerintah

Ekspor pisang melalui program kemitraan ini telah berkontribusi terhadap peningkatan ekspor pisang segar Indonesia. Menurut data BPS volume ekspor pisang segar pada 2018 meningkat 67 persen menjadi 30.373 ton dibandingkan dengan 2017 sebesar 18.192,5 ton.

Tidak menutup kemungkinan ekspor pisang segar Indonesia akan terus meningkat seiring dengan meluasnya kemitraan antara petani dan perusahaan swasta.

Menilik manfaat pola kemitraan ini, Sri Wijayanti Yusuf, Plt Direktur Buah dan Florikultura, pada saat kunjungan lapang ke Kabupaten Tanggamus berharap kemitraan ini dapat terus ditingkatkan.

“Kami harap pola – pola kemitraan ini terus ditingkatkan dan menggandeng lebih banyak lagi petani tidak hanya di Kabupaten Tanggamus namun juga wilayah lain di Indonesia. Selain itu, untuk ke depannya program pengembangan buah perlu menggandeng swasta sebagai mitra dan pemasar produk dari petani binaannya,” jelas Sri.

Artikel Terkait
Pendapatan Petani Pisang Meningkat Karena Bermitra dengan Pemerintah
Artikel Terkini
Membaca Kerja Sama Trilateral Antara AS, Jepang dan Filipina dalam Konteks Geopolitik Asia Pasifik
Lembaga Pemeringkat Moodys Pertahankan Rating Kredit Indonesia sebagai Negara Layak Tujuan Investasi dengan Outlook Stabil
Mendagri: Halalbihalal Idulfitri 2024 Jadi Momentum Penguatan Internal yang Lebih Solid
J&T Cargo Beri Penghargaan Best Service Otlet
PJ Bupati Maybrat Pantau Proyek Pembangunan Dua Jembatan Strategis di Kampung Aisa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas