INDONEWS.ID

  • Minggu, 31/03/2019 05:10 WIB
  • 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Belgia

  • Oleh :
    • hendro
70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Belgia
Dubes RI untuk Belgia merangkap Uni Eropa (UE) dan Luksemburg, Yuri O.

Brussel, INDONEWS.ID - Tahukah kamu bahwa Indonesia dan Belgia tahun ini memasuki 70 tahun usia hubungan diplomatik? Ya tahun ini kedua negara memperingati usia hubungan diplomatik yang boleh dibilang lumayan memasuki usia dewasa dengan berbagai kegiatan publik. 

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh KBRI Brussel adalah dengan mengumpulkan warga Belgia yang pernah menerima beasiswa atau peserta dalam visit program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia. Sejak 2011, sejumlah 27 orang warga Belgia mengikuti program Darmasiswa dan belajar bahasa dan tari di berbagai universitas di Indonesia.

Baca juga : KBRI Rayakan HUT ke-78 RI dan Peringatan Hubungan Diplomatik Indonesia- Kyrgyzstan ke-30 di Bishkek

Sejak 2012, warga Belgia dan pejabat dari institusi Uni Eropa telah menjadi peserta pada program Indonesia Interfaith Scholarship, sejak 2016 sebanyak 15 orang warga Belgia juga telah menjadi penerima program beasiswa Seni dan Budaya dan peserta pada Bali Democracy Student Conference dan juga famtrip untuk promosi pariwisata Indonesia.

Pertemuan ini dimanfaatkan untuk menggali ide dan gagasan baru dari para generasi muda Belgia bagaimana meningkatkan kerjasama dan kontak antar masyarakat kedua negara.

Baca juga : Sambut Tahun Baru 2023, KBRI Astana Adakan Nobar Film "The Big Four" dan Soft Launching Perayaan 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Kazakhstan

Hubungan bilateral RI – Belgia dimulai sejak Belgia menjadi anggota Komisi Tiga Negara 
bersama Australia dan Amerika Serikat pada tahun 1947. Hubungan diplomatik RI – Belgia 
secara umum berlangsung dengan baik tanpa ada persoalan-persoalan yang mengganggu. 

Dihadapan para warga Belgia tersebut, Dubes RI menyatakan pentingnya hubungan kedua negara khususnya yang dipelopori oleh generasi muda. Hal ini sejalan dengan tagline  peringatan 70 tahun Belgia Indonesia "go further together" yang menegaskan harapan hubungan kedua pihak yang berjalan baik dengan kolaborasi bersama. Hubungan yang baik akan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kedua negara jika dikelola bersama-sama. 

Baca juga : Arti Penting Kunjungan Jokowi ke Sri Lanka

Dubes RI menambahkan bahwa akan ada berbagai rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik dalam bentuk kegiatan publik yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Kegiatan akan dilakukan dalam bentuk seminar, promosi budaya, pameran foto, business forum dan akan ditutup dengan resepsi diplomatik. 

Kegiatan Gathering Fellow Alumni Indonesian Scholarships yang dilakukan pada 30 Maret 2019 ini menjadi "kick-off" rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Belgia.

Berbagai masukan diperoleh dari para alumni antara lain peningkatan promosi dan kerjasama pendidikan antara universitas kedua negara, khususnya Universitas Liege dengan Universitas Udayana. Saat ini mahasiswa Universitas Liege sedang melakukan penelitian tentang populasi monyet di hutan kawasan Uluwatu di Bali. Selain itu juga ada masukan untuk meningkatkan citra pluralisme Indonesia, dan juga bagaimana meningkatkan akses produk coklat Indonesia di Belgia yang termasuk dalam kriteria unggulan. 

80 orang alumni beasiswa dan visit program Pemri dari Belgia ini menjadi aset penting bagi pengembangan kerjasama people-to-people contact kedua negara.

Artikel Terkait
KBRI Rayakan HUT ke-78 RI dan Peringatan Hubungan Diplomatik Indonesia- Kyrgyzstan ke-30 di Bishkek
Sambut Tahun Baru 2023, KBRI Astana Adakan Nobar Film "The Big Four" dan Soft Launching Perayaan 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Kazakhstan
Arti Penting Kunjungan Jokowi ke Sri Lanka
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas