INDONEWS.ID

  • Kamis, 25/04/2019 18:49 WIB
  • Peran Babinsa dalam Wujudkan Swasembada Beras

  • Oleh :
    • luska
Peran Babinsa dalam Wujudkan Swasembada Beras
Koramil 1202-03 Bantu Petani Tanam Padi.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka mensukseskan serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan, Kodam Tanjungpura melalui jajarannya Kodim dan Koramil melakukan pendampingan terhadap para petani di wilayah teritorialnya masing masing.

Seperti yang tengah dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 1202-03/Sambas Koptu Firmansyah dalam kegiatan penanaman padi dengan para Kelompok Tani (Poktan) yang didampingi langsung oleh Mantri Tani dan PPL Desa jirak, yang sebelumnya sudah dijadwalkan oleh Babinsa Desa Jirak.

Baca juga : Dukung Swasembada Pangan Untuk Kemandirian Bangsa, Pemerintah Dorong Penerapan Sistem Pertanian Ramah Lingkungan

Dandim 1202/Singkawang Letkol Arm Victor J.L Lopulalan,  melalui Danramil 1202-03/Sambas Kapten Inf Sulistiono menyampaikan, pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan para petani serta mengecek secara langsung dinamika dilapangan.

"Melalui Kegiatan ini kita dapat mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dikeluhkan para petani, sehingga berdampak pada sukses dan tidaknya hasil panen yang sudah berjalan selama ini," ujar Sulis.

Lanjut Sulis, saat digelar dialog dengan para petani mengeluhkan tidak adanya saluran irigasi yang baik dalam sistem pengairan sawah mereka saat ini. Sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil panen padi.

Menurutnya, Babinsa akan membantu masyarakat secara bersama-sama bergotongroyong dan memberikan solusi jalan keluar cara mengatasi yang dikeluhkan petani.

Selain itu, memberikan pelatihan kepada kelompok tani tentang sistem penanaman legowo two in one (2 - 1), dengan cara penanaman 2 baris dengan 1 celah untuk keuntungan dapat memberikan hasil panen 4 bulan dengan jenis padi Infara.

"Jarak tanam bibit padi yang baik, dari padi satu ke yang lainnya antara 25 cm, dengan celah 40 cm untuk berjalan," pungkas Sulis.(Lka)

Artikel Terkait
Dukung Swasembada Pangan Untuk Kemandirian Bangsa, Pemerintah Dorong Penerapan Sistem Pertanian Ramah Lingkungan
Artikel Terkini
Menteri PANRB: Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Mulai Mei, CASN Digelar Juni
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas