INDONEWS.ID

  • Senin, 29/04/2019 14:20 WIB
  • pln token

    5 Tips Menggunakan Panci Rice Cooker Agar Tetap Awet

  • Oleh :
    • very
5 Tips Menggunakan Panci Rice Cooker Agar Tetap Awet
Tips menggunakan rice cooker agar tetap awet. (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Penggunaan rice cooker untuk kebutuhan memasak dan menghangatkan makanan sudah menjadi kebtuhan rumah tangga yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk kebutuhan kamu yang sudah berkeluarga, bahkan juga untuk kebutuhan anak kost. Ya, fitur rice cooker memang memberikan kamu kemudahan untuk melakukan kegiatan memasak dengan lebih mudah. Oleh karena itulah, penting untuk menjaga kualitas rice cooker agar tetap tahan lama.

  1. Hindari Mencuci Beras di Panci

Alih-alih menggunakan wadah terpisah untuk membersihkan beras, terkadang kamu langsung menggunakan panci untuk mencuci dan membilas beras yang akan dimasak. Hal ini sebaiknya dihindari karena permukaannya akan lebih mudah tergores.

Permukaan panci yang sering tergores akan membuat nasi lengket dan permukaan panci sulit dibersihkan. Jika bekas nasi menempel pada panci, permukaannya harus dibersihkan perlahan menggunakan spons. Jika terpaksa dibersihkan dengan permukaan yang kasar, permukaan panci akan terkikis sehingga merusak fungsi panci yang optimal.

  1. Lap Bagian Luar Panci Rice Cooker

Saat meletakkan panci ke dalam rice cooker, pastikan permukaan luar panci tidak basah. Hal ini akan berpotensi merusak bagian pemanas atau bahkan memicu terjadinya korsleting. Jadi, pastikan kamu sudah mengelap seluruh permukaan panci agar fungsi pelat pemanas tetap berfungsi baik.

  1. Gunakan Gelas Takar untuk Memasak Nasi

Fungsi rice cooker bisa kamu optimalkan untuk bisa digunakan mengolah beras menjadi nasi yang lezat. Nah, penting untuk memperhatikan komposisi beras yang dimasak. Biasanya, kamu akan mendapatkan gelas takar untuk bisa mengukur seberapa banyak beras yang bisa kamu olah. Usahakan agar selalu menggunakan gelas takar tersebut untuk bisa menikmati hasil olahan nasi yang nikmat dan matang sempurna.

  1. Optimalkan Fungsi Penghangat dengan Benar

Setelah digunakan untuk menanak nasi, kamu harus memastikan rice cooker kamu bisa digunakan juga sebagai penghangat. Bukankah semua rice cooker juga memiliki fungsi sebagai penghangat? Jangan salah, ada beberapa rice cooker yang memang hanya bisa dipakai untuk menanak nasi saja. Setelah nasi matang, kamu tidak bisa menggunakannya sebagai penghangat.

Apabila kamu menggunakan rice cooker jenis tersebut, pastikan untuk menyediakan microwave oven untuk menghangatkan kembali nasi yang sudah dingin. Jangan gunakan rice cooker untuk fungsi yang tidak bisa diakomodasi oleh panci memasaknya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sebagian besar rice cooker modern saat ini juga berfungsi sebagai penghangat. Jadi, setelah nasi matang, fungsi pelat pemanas akan menyesuaikan menjadi fungsi penghangat yang menjaga nasi tetap lezat untuk disantap.

  1. Perhatikan Kesesuaian Kapasitas Panci

Setiap rice cooker memiliki kapasitasnya masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyesuaikan kapasitas memasak nasi yang tepat dan tidak berlebihan. Jika kapasitas panci memasak digunakan untuk jumlah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, hal tersebut akan merusak fungsi panci. Bisa saja beras jadi kering karena kapasitasnya terlalu sedikit atau malah juga luber karena digunakan memasak terlalu banyak.

Tidak kalah penting untuk memperhatikan penggunaan daya listrik untuk menggunakan rice cooker. Jangan sampai rice cooker kamu tiba-tiba mati saat sedang digunakan memasak. Untungnya, beli pln token bisa dilakukan dengan mudah melalui layanan pembayaran online seperti Traveloka. Jadi, kamu bisa langsung beli token listrik agar rice cooker tidak mati mendadak saat dipakai memasak.**

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas