INDONEWS.ID

  • Selasa, 28/05/2019 01:15 WIB
  • Indonesia Ikut Serta Ramaikan Islamic Song Festival 2019 di Tunis

  • Oleh :
    • hendro
Indonesia Ikut Serta Ramaikan Islamic Song Festival 2019 di Tunis
Dubes RI di Tunis Ikrar Nusa Bakti bersama tim tari dan marawis dari Indonesia

Tunis, INDONEWS.ID -Tim Tari dan Marawis Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tunis (KBRI Tunis) yang sebagian besar terdiri atas para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Tunisia (PPI Tunisia) ikut berpartisipasi meramaikan  acara Islamic Song Festival yang diselenggarakan di Teater Ennejma Ezzahra, Sidi Bou Said,Tunisia (25/05) lalu. 

 
Perlu diketahui, bahwa Indonesia tampil sebagai tim penutup setelah beberapa minggu sebelumnya juga tampil tim-tim musik dari berbagai negara seperti Mesir, Tunisia dan Turki. Islamic Song Festival sendiri merupakan bagian dari pagelaran Musik dan Tari terkait ditetapkannya Tunis sebagai Kota bernuansa Islam 2019.

Baca juga : KBRI Dukung Lokakarya Regional I tentang Peringkat UI GreenMetric World University

Kegiatan ini, merupakan ajang untuk memperkenalkan seni dan kebudayaan negara Republik Indonesia, dimana beberapa penampilan khas Indonesia ditampilkan seperti marawis, dan beberapa tarian berupa Tari Ratoh Jaroe/Saman khas Aceh, Tari Zapin khas Melayu, dan juga Tari Kipas yang juga berasal dari Sumatera. Tari dan lagu dibawakan secara selang seling agar para penari dan pemusik dapat berganti kostum.

Kegiatan diawali dengan penampilan marawis yang dibawakan oleh Majlis Sholawat PPI Tunisia, dengan lagu pertama yaitu Assalamualaik. Dilantunkan dengan suara yang merdu oleh saudara Fazan Noval dan Muhammad Alhafidz Abdurrahman. 

Baca juga : Para Desainer Indonesia Ramaikan Ajang Fahion Week Chartage Tunis

Begitu alunan musik dan bait demi bait dilantunkan secara apik, penonton langsung bertepuk tangan. Para penonton yang memenuhi ruang teater berkapasitas 250 tersebut benar-benar menikmati lirik demi lirik lagu berbahas Arab yang mereka bawakan. Mereka kagum karena ada anak-anak Indonesia yang dapat melantunkan lagu berbahasa Arab secara benar dan merdu.

Sementara itu, Tim Tari Saman yang dibawakan oleh sembilan mahasiswi Indonesia yang masih aktif kuliah di Universitas Ezzitouna, mampu juga membius penonton dan menimbulkan sorak ramai tepuk tangan penonton di teater. Meski dibawakan dalam 10 menit, para penari mampu menampilkan tarian tersebut secara kompak dan cepat dalam tiga babak tarian. Ini menimbulkan decak kagum penonton.

Baca juga : KBRI Tunis Ikut Memeriahkan Acara Lampion di Kota Tabarka

“Senang banget bisa tampil di sini, bisa ikut serta dalam memeriahkan dan mempromosikan budaya Indonesia di Tunisia ini. Acara kali ini asyik dan meriah penonton menikmati apa yang ditampilkan. Semoga ke depannya banyak penampilan-penampilan yang lebih kreatif dan inovatif lagi,” Ucap Nida Nabilah Hakim salah satu tim tari PPI Tunisia. (Penulis Ilma Silmi Nufus mahasiswa  Universitas Zaitunah dan juga anggota PPI Tunisia)

Artikel Terkait
KBRI Dukung Lokakarya Regional I tentang Peringkat UI GreenMetric World University
Para Desainer Indonesia Ramaikan Ajang Fahion Week Chartage Tunis
KBRI Tunis Ikut Memeriahkan Acara Lampion di Kota Tabarka
Artikel Terkini
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik
Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas