INDONEWS.ID

  • Senin, 03/06/2019 08:40 WIB
  • KBRI Tunis Gelar Perayaan Upacara Peringatan Pancasila

  • Oleh :
    • hendro
KBRI Tunis Gelar Perayaan Upacara Peringatan Pancasila
Dubes RI Tunisia Ikrar Nusabakti menjadi pembina upacara dalam peringatan hari lahir Pancasila di KBRI Tunisia

Tunis, INDONEWS.ID - Meskipun berada jauh dari tanah air, masyarakat Indonesia di Tunisia tetap menaruh perhatian terhadap perkembangan situasi di tanah air dan memiliki komitmen untuk dapat berkontribusi dalam proses pembangunan nasional dalam kerangka ideologi Pancasila dan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu dibuktikan dengan antusiasnya masyarakat Indonesia mengikuti prosesi upacara hari lahirnya Pancasila.

Baca juga : KBRI Dukung Lokakarya Regional I tentang Peringkat UI GreenMetric World University

Duta Besar RI untuk Tunisia Ikrar Nusa Bhakti menjadi pembina upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri seluruh pejabat dan staf KBRI, Persatuan Pelajar Indonesia serta sejumlah masyarakat Indonesia di Tunisia, bertempat di KBRI Tunis, Kamis (31/5).

Dalam pidatonya, Duta besar Ikrar Nusa Bhakti memberikan sambutan dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang antara lain menyampaikan pentingnya pengamalan Pancasila selaku warga negara Indonesia.

Baca juga : KBRI Tunis Ikut Memeriahkan Acara Lampion di Kota Tabarka

"Bagaimana kita mengamalkan Pancasila secara simultan atau terus menerus. Kita Indonesia kita Pancasila, ada sifat yang optimis sebagai bangsa yang maju dan makmur. Kita Indonesia kita Pancasila," ucap Ikrar dalam penyampaian pidatonya.

Hal ini terefleksi jelas dari Sabang sampai Merauke Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan telah membentuk ke Bhineka tunggal ika-an Indonesia berdasarkan Pancasila yang telah disepakati melalui lahirnya Piagam Jakarta pada tanggal 18 Agusstus 1945.

Baca juga : Pererat Silaturahmi KBRI Tunis Rayakan Idul Fitri 1440 H Gelar Halal Bihalal

Upacara pun semakin terasa khidmat dengan keberagaman suku budaya dikarenakan seluruh anggota upacara mengenakan pakaian tradisional dari  berbagai suku yang ada di Indonesia seperti Betawi, Sunda, Minangkabau dan lainnya.

"Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila untuk mengingatkan kembali, kalau kita Bangsa Indonesia yang budayanya beda-beda, agamanya juga berbeda-beda itu membuktikan bahwa sebenarnya kita satu di bawah Indonesia, dan menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang toleran, saling memahami satu sama lain, maka dari itu kita bangsa yang kuat," ucap Nadia Marlene Eunike selaku Pelaksana fungsi ekonomi di KBRI Tunis.

Dalam kaitan ini, peran KBRI sebagai pengemban misi Pemerintah RI yang sangat penting dan strategis, khususnya dalam pembinaan dan penggalangan hubungan masyarakat Indonesia di Tunisia. ( Penulis M. Dzaky Dhiya Ulhaq)

Artikel Terkait
KBRI Dukung Lokakarya Regional I tentang Peringkat UI GreenMetric World University
KBRI Tunis Ikut Memeriahkan Acara Lampion di Kota Tabarka
Pererat Silaturahmi KBRI Tunis Rayakan Idul Fitri 1440 H Gelar Halal Bihalal
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Salim Said Maestro Intelektual yang Paling Detail dan Mendalam
Penyumbang Devisa Negara, Pemerintah Harus Belajar dari Drama Korea
Bupati Tanahdatar buka Grand Opening Sakato Aesthetic
Strategi Implementasi "Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila", Menyemai Nilai Kebangsaan di Tengah Tantangan Zaman
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas