INDONEWS.ID

  • Rabu, 19/06/2019 14:01 WIB
  • Tiga Negara Pantai Perbarui Peta Laut Elektronik Selat Malaka - Singapura

  • Oleh :
    • luska
Tiga Negara Pantai Perbarui Peta Laut Elektronik Selat Malaka - Singapura
Tiga Negara Pantai Perbarui Peta Laut Elektronik Selat Malaka -Singapura.

Jakarta, INDONEWS.ID - Tiga negara pantai yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura memperbarui Peta Laut Elektronik Selat malaka dan Selat Singapura (Malacca Singapore Strait – Electronic Navigational Charts/MSS-ENC) di Pushidrosal, 18-19 Juni 2019.

Kegiatan yang bertajuk 2nd Malacca Singapore Strait – Electronic Navigational Charts Update Workshop ini juga diikuti Japan Hydrographic Association (JHA) selaku distributor MSS-ENC.

Baca juga : Pushidrosal Gelar Seminar International Hari Hidrografi Dunia 2023

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, selaku Chairman sekaligus Administrator MSS ENC Committee dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi mengatakan bahwa Workshop yang diikuti delegasi Indonesia, Malaysia, Singapura serta Jepang ini membahas pembaruan MSS-ENC edisi terbaru guna meningkatkan jaminan keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal yang melintas di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Menurut Kapushidrosal tujuan utama kegiatan ini untuk menerbitkan MSS-ENC edisi terbaru berdasarkan dari data hasil survei hidrografi dan oseanografi bersama yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018 dan gabungan data hidrografi terbaru dari tiga negara pantai di kawasan Selat Malaka dan Singapura tersebut.

Baca juga : Kemendagri Bahas Supervisi Penegasan Status Pulau, Pushidrosal sebagai Narasumber

“Diharapkan Workshop ini akan menghasilkan MSS-ENC terbaru dan dapat dipublikasikan segera, mengingat pentingnya pembaruan data itu bagi para pelintas selat yang merupakan salah satu terpadat di dunia tersebut” katanya.

Pada pertemuan itu juga dibahas tentang isu-isu lain seperti Category of Zone of Confidence (CATZOC), perbedaan Testbed Plan S-100, serta perkembangan teknologi ENC terbaru.

Baca juga : Indonesia Ajukan Pembakuan Nama Fitur Bawah Laut di IHO/IOC-Unesco

Malacca Singapore Strait Electronic Navigational Charts (MSS ENC) adalah produk ENC dari negara littoral states (Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Japan Hydrographic Assosiation /JHA, sebagai distributor ENC) di Selat Malaka dan Selat Singapura sejak tahun 2005. Sejak MSS ENC edisi pertama diluncurkan Singapura telah menjadi koordinator dari MSS ENC.

Sebagai mandat dari MSS ENC Steering Committee yang dilaksanakan pada bulan Februari 2018 di Tokyo Jepang, saat ini Indonesia selaku Chairman MSS-ENC menggantikan Singapura.(Lka)

Artikel Terkait
Pushidrosal Gelar Seminar International Hari Hidrografi Dunia 2023
Kemendagri Bahas Supervisi Penegasan Status Pulau, Pushidrosal sebagai Narasumber
Indonesia Ajukan Pembakuan Nama Fitur Bawah Laut di IHO/IOC-Unesco
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas