INDONEWS.ID

  • Minggu, 07/07/2019 06:40 WIB
  • Menteri Budi Karya: Bus Damri Menuju Bandara Kertajati Gratis Setahun

  • Oleh :
    • Mancik
Menteri Budi Karya: Bus Damri Menuju Bandara Kertajati Gratis Setahun
Bandara Kertajati, Jawa Barat( Foto: Merdeka.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah segera menggratiskan bus Damri untuk semua rute menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati selama satu tahun per 1 Agustus 2019. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk kompensasi pekerjaan tol Cisumdawu menuju bandara yang belum selesai.

Budi Karya juga menerangkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementrian PUPR. Koordinasi tersebut bertujuan untuk mempercepat proses pengerjaan tol utama menuju Bandara Kertajati.

Baca juga : Kunjungi Bandara Kertajati, Bamsoet: Fasilitas MRO Masih Sangat Terbuka

"Sambil menunggu tol Cisumdawu selesai satu tahun kedepan. Jadi, selama satu tahun itu pemerintah menyubsidi Damri jadi gratis," kata Budi Karya di Jakarta, Minggu,(7/07/2019)

Untuk diketahui, tol yang sedang dikerjakan menuju bandara memiliki panjang 60 kilometer. Jika tol utama ini selesai, waktu tempuh menuju bandara hanya memakan waktu selama satu jam.

Baca juga : Letak Sangat Strategis, Bamsoet Dukung Bandara Kertajati Jadi Pusat Logistik Indonesia

Selain itu, kata Budi Karya, adanya upaya pengalihan beberapa rute penerbangan dari bandara Bandara Husein Sastranegara Bandung menuju Bandara Kertajati memiliki pengaruh positif. Ada perkembangan jumlah penumpang dari kondisi sebelum ada kebijakan pengalihan rute penerbangan.

"Kesimpulannya, pengalihan ke Bandara Kertajati berhasil. Tadi penumpang dari Karawang katanya daripada ke Jakarta lebih baik ke sini. Dari Tegal juga ada, mereka senang karena lebih dekat ke sini daripada ke Semarang," jelasnya.

Baca juga : Bentuk Kompensasi, Menhub Subsidi Bus Damri Di Bandara Kertajati

Melihat perkembangan jumlah penumpang yang ada, Kementrian Perhubungan tidak hanya mengambil langkah untuk menggratiskan bus. Kementrian perhubungan, demikian Budi Karya menjelaskan, akan menambah armada bus yang akan beroperasi menuju bandara.

Hal ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang menggunakan bandara Kertajati. Selain itu, karena pemerintah akan merencanakan penambahan untuk rute penerbangan dari dan menuju Bandara Kertajati.

"Saat ini ada 12 rute. Kalau ada permintaan dari masyarakat, pasti akan kami tambah, terutama yang jauh-jauh seperti Manado, Kendari dan lainnya," jelasnya.

Menteri Budi Karya tidak lupa memberikan apresiasi terhadap langkah yang diambil oleh Pemprov Jawa Barat. Diketahui, Pemprov Jabar begitu gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat untuk pengalihan bandara.

"Pemprov Jabar harus terus terdepan mempromosikan bandara ini melalui pariwisata, khususnya budaya Cirebon yang memiliki potensi besar dan sudah dikenal luas," pungkasnya.*(Marsi Edon)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait
Kunjungi Bandara Kertajati, Bamsoet: Fasilitas MRO Masih Sangat Terbuka
Letak Sangat Strategis, Bamsoet Dukung Bandara Kertajati Jadi Pusat Logistik Indonesia
Bentuk Kompensasi, Menhub Subsidi Bus Damri Di Bandara Kertajati
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas