INDONEWS.ID

  • Selasa, 30/07/2019 13:45 WIB
  • Gunung Arjuno Terbakar, Pendakian Ditutup Sementara

  • Oleh :
    • Ronald
Gunung Arjuno Terbakar, Pendakian Ditutup Sementara
Gunung Arjuno Terbakar (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kebakaran hutan melanda Gunung Arjuno di Kabupaten Malang, Jawa Timur sejak Minggu, 28 Juli 2019 hingga hari ini. Kebakaran ini menghanguskan sekitar 98 hektare hutan di lereng Gunung Arjuno.

Petugas setempat kemudian melakukan mengevakuasi terhadap para pendaki yang berada di gunung tersebut. Sementara ini, pendakian akan ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan berlaku untuk seluruh akses pendakian gunung setinggi 3.339 meter dari permukaan laut (mpdl) itu.

“Saat ini, seluruh jalur pendakian kami tutup sementara demi keselamatan para pendaki. Kondisinya masih rawan kebakaran dan tim di sana terus memantau perkembangan. Jika kondusif, pendakian dibuka kembali,” kata Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Achmad Wahyudi, Selasa, (30/7/2019).

Diketahui, wilayah kerja UPT Tahura Raden Soerjo mencakup hutan seluas 27.868 hektare, yang terdiri dari kawasan hutan lindung 22.908 hektare dan kawasan Cagar Alam Arjuno-Lalijiwo 4.960 hektare.

Sementara itu, berdasakan informasi yang dihimpun, titik api diketahui pertama kali muncul di kawasan padang rumput atau sabana Blok Gentong Growah, sekitar satu kilometer dari akses pendakian Sumber Brantas, Kota Batu.

Seluruh titik api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. Namun, belakangan diketahui api merambat ke kawasan hutan Dlundung di wilayah Kecamatan Trawas, Mojokerto.

Untuk memastikan lokasi kebakaran dan sekitarnya sudah aman dari kebakaran, tim gabungan dari Tahura Raden Soerjo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, BPBD Kota Batu, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Sumbergondo Kota Batu, tenaga sukarelawan, warga, plus personel TNI dan Polri. (rnl)
 

Baca juga : Satu Unit Pabrik Gula Hancur Terdampak Karhutla di Cilacap
Artikel Terkait
Satu Unit Pabrik Gula Hancur Terdampak Karhutla di Cilacap
Lahan Terbakar Seluas Sembilan Hektar di Sragen Berhasil Dipadamkan
BREAKINGNEWS! Gedung di Balaikota Bandung Terbakar
Artikel Terkini
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Pastikan Arus Barang Kembali Lancar, Menko Airlangga Tinjau Langsung Pengeluaran Barang dan Minta Instansi di Pelabuhan Tanjung Priok Bekerja 24 Jam
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas