INDONEWS.ID

  • Kamis, 01/08/2019 14:01 WIB
  • Pilih Motif Garuda Nusantara, Jokowi Awali Membatik Kemerdekaan Sepanjang 74 Meter

  • Oleh :
    • very
Pilih Motif Garuda Nusantara, Jokowi Awali Membatik Kemerdekaan Sepanjang 74 Meter
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menggores batik menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-74, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawali goresan untuk membuat batik sepanjang 74 meter dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, di Beranda Peron A Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8) pagi.

“Ini memasuki bulan kemerdekaan, bulan Agustus. Jadi di pagi hari ini, 1 Agustus 2019 ini, kita mulai untuk membatik sepanjang 74 meter yang sesuai dengan dirgahayu kemerdekaan kita yang ke-74 tahun,” kata Presiden Jokowi usai mengawali membatik. 

Baca juga : Soal Pemilu, Eros Djarot : Kita Perlu Kembali Pada Kearifan Pancasila

Presiden berharap warisan pusaka batik ini yang tercatat di UNESCO bisa menjadi sebuah brand Indonesia di kancah internasional.

Selain itu, Kepala Negara juga berharap ada regenerasi pembatik-pembatik dari yang angkatan tua, ke angkatan dewasa, ke angkatan yang remaja, ke angkatan yang anak-anak semuanya teregenerasi dengan baik. Sehingga diharapkan batik semakin bisa dikembangkan sebagai sebuah brand Indonesia.

Baca juga : Ada Apa dengan BPN?

Saat ditanya wartawan apakah sudah membatiknya, Presiden Jokowi menjawab biasa kalau hanya waktu 5 menit. “Membatik itu harus sabar, pikirannya dingin, renet gitu. Pelan-pelan, dihayati, dinikmati. Bukan dilihat orang banyak,” ujarnya.

Namun wartawan justru menilai Presiden Jokowi sudah luwes dalam membatik. “Iya, lebih luwes yang bener,” ucapnya berkelakar.

Baca juga : Pemprov DKI Jakarta jamin Pengobatan Demonstran dari Luar Jakarta

Mengenai motif batik yang digoreskannya, Presiden Jokowi menyebut Garuda Nusantara, Gurdo. “Gurdo itu Garuda, Garuda Nusantara,” jelasnya.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit. (Very)

 

Artikel Terkait
Soal Pemilu, Eros Djarot : Kita Perlu Kembali Pada Kearifan Pancasila
Ada Apa dengan BPN?
Pemprov DKI Jakarta jamin Pengobatan Demonstran dari Luar Jakarta
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas