INDONEWS.ID

  • Senin, 05/08/2019 14:53 WIB
  • Datangi PLN, Presiden Jokowi Sampaikan ini ke Direksi

  • Oleh :
    • Mancik
Datangi PLN, Presiden Jokowi Sampaikan ini ke Direksi
Presiden Jokowi saat mendatangi Kantor Pusat PT. PLN Pusat.(CNNIndonesia.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan, PLN mestinya menjadikan pengalaman pemadaman listrik tahun 2002 menjadi bahan pelajaran untuk mengatur tata kelola kelistrikan di Indonesia terutama di ibu kota negara. Hal ini ia sampaikan saat mengunjungi kantor pusat PLN untuk meminta penjelasan terkait gangguan listrik di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, kemarin.

Jokowi menjelaskan, Indonesia pernah mengalami gangguan listrik luar biasa pada tahun 2002 untuk pulau Jawa dan Bali. Seharusnya, PLN memiliki manajemen cadangan dalam mengantisipasi kejadian luar biasa agar peristiwa-peristiwa sebelumnya tidak terjadi lagi.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

"Saya tahu peristiwa seperti ini pernah terjadi di tahun 2002 di Jawa dan Bali, mestinya itu bisa dipakai sebuah pelajaran kita bersama jangan sampai kejadian yang pernah terjadi kembali terjadi lagi," kata Jokowi di Jakarta, Senin,(5/05/2019)

Jokowi meminta kepada PLN untuk memperbaiki manajemen dan tata kelola kelistrikan di Indonesia. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pemadaman listrik yang cukup lama seperti kejadian kemarin untuk beberapa wilayah di pulau Jawa.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

"Peristiwa kematian total Minggu kemarin dan dalam sebuah manajemen besar seperti PLN ini mestinya menurut saya agar tata kelola resiko resiko, yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada backup plan, pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik," ujar mantan wali kota Solo tersebut.

Untuk diketahui, gangguan listrik terjadi untuk  wilayah Jakarta dan beberapa wilayah lainnya seperti Banten, Jawa Barat, serta Jawa Tengah pada Minggu,(4/08) kemarin. Untuk wilayah tertentu, pemadaman listrik masih berlanjut hingga senin,(5/08) pagi.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Sementara itu, pihak PT PLN mengatakan, penyebab gangguan listrik terjadi karena adanya gangguan sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Gangguan ini menyebabkan trasmisi aliran listrik dari wilayah timur ke barat mengalami hambatan.PLN sendiri berjanji akan segera memperbaiki kondisi ini agar gangguan serupa tidak terjadi kembali.*(Marsi)

 

 

 

 

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program
Kemendagri: Jadikan Musrenbang sebagai Wadah Pengentasan Kemiskinan Ekstrem
Kerja Sama Indonesia-Singapura Terus Berlanjut, Menko Airlangga Bahas Isu-Isu Strategis dengan Menteri Luar Negeri Singapura
Serius Maju Pilgub NTT 2024, Ardy Mbalembout Resmi Mendaftar di DPD Demokrat
Sekjen Kemendagri Dorong Pemprov DKI Jakarta Optimalkan Pengelolaan Urbanisasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas