INDONEWS.ID

  • Sabtu, 24/08/2019 12:01 WIB
  • Wamena Kondusif, Berikut Kronologis Dilumpuhkannya Satu Anggota KSB

  • Oleh :
    • luska
Wamena Kondusif, Berikut Kronologis Dilumpuhkannya Satu Anggota KSB
mobil milik anggota KSB atau OPM yang berhasil dilumpuhkan TNI.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Saat ini situasi Wamena kembali normal pasca dilumpuhkannya seorang anggota Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) yang diduga dari kelompok pimpinan Egianus Kogoya pada Jumat (23/8) kemarin.

Namun demikian aparat TNI-Polri masih melakukan pengamanan & penjagaan di beberapa titik, guna mengantisipasi kemungkinan masih adanya OTK di sekitar kota Wamena.

Hal tersebut dijelaskan oleh Wakapendam XVII Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi melalui pesan singkatnya, Sabtu (24/8/2019).

Pelumpuhan terhadap seorang anggota KSB atau yang dikenal dengan nama OPM ini berawal pada hari Jumat, 23 Agustus 2019, pukul 09.00 WIT usai apel gabungan di Kantor Bupati Jayawijaya, yang kemudian dilanjutkan patroli bersama dalam rangka menciptakan suasana damai di Daerah Jayawijaya.

Saat melintasi Pasar Terminal Jibama, pukul 10.30 WIT, rombongan dihentikan oleh masyarakat yang lari berhamburan ke arah jalan meninggalkan lokasi terminal.

Dandim 1702/JWY, Letkol Inf Chandra Dianto, Kapolres JWY-AKBP Tony Ananda dan Danyonif 756/WMS Mayor Inf Arif Situmeang segera berkoodinasi singkat untuk mengatasi para OTK yang bersembunyi dalam sebuah mobil minibus berwarna hijau serta membagi sektor pengawasan & menempatkan anggota masing-masing.

Saat itu Kapolres Jayawijaya berusaha persuasif melalui pengeras suara menghimbau untuk tidak melakukan tindakkan kekerasan, namun ajakan dari Kapolres tidak dihiraukan, sesaat kemudian para OTK keluar dari mobil dan menembakkan senjatanya sebanyak empat kali ke arah petugas dan melukai Ipda Iwan dibagian paha.

Kemudian Danyonif 756 & Dandim beserta anggotanya langsung melumpuhkan OTK tesebut dari jarak 70m.

Sesaat Setelah situasi dapat diatasi, Danyonif 756/WMS, Mayor Inf Arif B Situmeang memimpin pembersihan area TKP, dan pemeriksaan Kendaraan minibus yang ditumpangi OTK, serta penyisiran seluruh area pasar.

Dari hasil pembersihan diperoleh 1 pucuk senjata jenis Revolver no AE.S030105, 7 butir munisi, 1 unit laptop, 1 unit HP dan 1 orang OTK tewas di tempat. Keseluruhan barang bukti tersebut diserahkan kepada Kapolres Jayawijaya untuk dilakukan pengusutan lebih lanjut. (Lka)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Inspeksi Mendadak Pj Bupati Maybrat Ungkap Kondisi Memprihatinkan di Kantor Distrik Aifat Utara
Pj Bupati Maybrat Tinjau Puskesmas Aifat Utara, Puji Kinerja Dalam Penanganan Alergi Rabies
Pj Bupati Maybrat dan Kapolres Tandatangani NPHD, Dukung Penerimaan Taruna Akpol dari Maybrat
Kunjungan Pj Bupati Maybrat ke SMAN 1 Aifat Raya Ungkap Kekurangan Guru dan Data Siswa yang Tidak Akurat
Pj Bupati Maybrat Apresiasi Inisiatif Kerja Bakti SMP Negeri 1 Aifat Ayawasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas