INDONEWS.ID

  • Senin, 26/08/2019 17:30 WIB
  • Karateka Anak Kebutuhan Khusus Tunjukan Kemampuan di Depan Ketua KONI

  • Oleh :
    • tirto prima putra
Karateka Anak Kebutuhan Khusus Tunjukan Kemampuan di Depan Ketua KONI
Karateka Anak Kebutuhan Khusus

Jakarta, indonews.id - Markas Kodam Jaya Cawang Jakarta, menjadi venue penyematan sabuk hitam kehormatan dari Institut Karate-DO Indonesia (Inkai) kepada Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman. Kegiatan yang dimulai pada pukul 9 pagi itu dihadiri ratusan karateka Inkai. Pasca berbagai sambutan dan acara inti yakni penyematan sabut hitam kehormatan untuk Ketua Umum KONI, berbagai demonstrasi para atlet karateka dipertontonkan.

Para karateka yang akan diharapkan mendapatkan medali pada SEA Games menunjukkan kemampuannya di hadapan para hadirin. Hal yang perlu mendapat apresiasi adalah adanya pertunjukan dari karateka difabel. Sebagai sesama manusia tentu mereka layak diberikan ruang untuk menunjukkan kemampuannya.

Baca juga : Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju Dan Bisa Membantu Sesama

Olahraga karate yang kecenderungan inklusif telah dibuktikan oleh Inkai dengan perhatiannya pada difabel. “Itu adalah salah satu ranting yang dimiliki oleh Inkai, mereka sangat konsen melatih orang-orang disabilitas. Memang butuh kesabaran, nggak main-main, itu nggak gampang, jadi pelatih itu nggak gampang, dan mereka happy, bahagia”, jelas Ketua Pengurus Pusat Inkai Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan di Gedung Olahraga Kodam Jaya Jakarta, Minggu (25/08).

Kebanyakan dari mereka kaum difabel yang berlatih karate menurut Ivan adalah mereka penyandang Tuna Grahita (keterbelakangan mental). Pelatih karate memanfaatkan kemampuan mendengar mereka untuk memberikan instruksi ketika tampil. "Inkai terbuka dengan segala kategori peserta didik, membuktikan organisasi kami inklusif", sambung Ivan.

Baca juga : Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
Artikel Terkait
Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju Dan Bisa Membantu Sesama
Bamsoet: Sudahi Konflik, Mari Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Artikel Terkini
Gelar HUT ke-19, PaSKI Punya Tanggung Jawab Lahirkan Pelawak-pelawak Baru
Ardy Mbalembout Masuk Top 5 Cagub Potensial NTT 2024-2029
Kemendagri Dorong Konsistensi Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Lingkungan Pemerintah Daerah
Kisah AO PNM Mekaar, Keluar Zona Nyaman untuk Beri Kenyamanan Keluarga
Paskah 2024, ASN DKI Jakarta Berwisata Bersama 500 Anak Panti Asuhan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas