INDONEWS.ID

  • Sabtu, 31/08/2019 12:02 WIB
  • Ini Perkembangan Terakhir Soal Situasi di Jayapura Papua

  • Oleh :
    • Mancik
Ini Perkembangan Terakhir Soal Situasi di Jayapura Papua
Situasi terakhir di Kota Jayapura Papua.(Foto:Antaranews.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Perkembangan terakhir terkait situasi Jayapura Papua mulai aman ditandai dengan kembali dibukanya pertokoan oleh warga setempat. Warga kembali melakukan aktivitas seperti biasa setelah beberapa hari terakhir lumpuh karena aksi demonstrasi warga.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Mustafa Kamal dalam penjelasannya menerangkan, warga kembali ke jalan seperti biasa.Tentu, situasi kondusif ini jadi harapan bersama, baik warga Papua Jayapura sendiri maupun seluruh rakyat Indonesia.

"Untuk di Jayapura dan Papua pada umumnya sudah kondusif. Aktivitas masyarakat yang di jalan sudah mulai kembali beraktivitas. Mudah-mudahan situasinya terus membaik. Sebagian besar sudah mulai buka meskipun ada satu-dua yang tutup," kata Kamal sebagaimana dilansir detiknews, Jakarta, Sabtu,(31/08/2019)

Ia juga menjelaskan, puing-puing akibat aksi warga setempat mulai dibersihkan. Kegiatan pembersihan sisa-sisa pembakaran sendiri dilakukan oleh pihak kepolisian bersama dengan warga masyarakat.

"Rekan-rekan kami siswa SPN (Sekolah Polisi Negara) sedang membersihkan puing-puing yang kemarin. Sudah mulai pembersihan," jelasnya.

 

Pengamanan di Jayapura Papua Tetap Dilakukan


Adapun upaya pengamanan terhadap kota Jayapura Papua tetap dilakukan untuk mengantisipasi kegaiatan-kegiatan yang tidak terduga. Pengamanan sendiri, kata Kamal, dilakukan oleh Brimob yang didatangkan dari seluruh Indonesia.

Pasukan Brimob ini selain ditugaskan untuk menjaga keamanan, juga akan diperbantukan dalam membersihkan sisa-sisa kebakaran beberapa properti selama demonstrasi.

"Pengamanan kita sudah tergelar baik dari Brimob Nusantara maupun TNI. (Yang dari daerah) sudah di Jayapura makanya nanti diperbantukan untuk membersihkan itu," kata Kamal.

Upaya pengendalian situasi Papua sendiri, kata Kamal, dilakukan oleh pasukan gabungan dari TNI dan Polri. Pasukan gabungan berhasil mengamankan situasi sejak Jumat 30/08 kemarin.

Kamal mengakui, aksi demonstrasi oleh warga setempat telah menyebabkan kerusakan beberapa properti di wilayah tersebut. Diantaranya adalah beberapa gedung pemerintah.

Terhadap properti yang rusak, jelasnya, sedang dilangsungkan proses pendataan secara keseluruhan oleh aparat. Pendataan dimaksudkan untuk mengetahui jumlah kerusakan dan potensi kerugian dari keseluruhan properti yang rusak.

"Situasi di Jayapura sudah bisa dikendalikan aparat TNI-Polri dan beberapa properti yang rusak sedang didata," tutupnya.*(Marsi)

 

 

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas