INDONEWS.ID

  • Senin, 02/09/2019 09:58 WIB
  • Pangdam Cenderawasih Ajak Masyarakat Wujudkan Papua Damai dan Sejahtera

  • Oleh :
    • Mancik
Pangdam Cenderawasih Ajak Masyarakat Wujudkan Papua Damai dan Sejahtera
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring.(Foto:Detik.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengajak seluruh elemen masyarakat di Papua untuk kembali bergandeng tangan mewujudkan Papua yang damai dan sejahtera. Hal ini ia sampaikan untuk meredahkan situasi di Papua setelah beberapa hari terakhir berlangsung aksi demonstrasi.

Yosua menegaskan kepada semua warga masyarakat bahwa pertikaian kemarin sungguh sangat merugikan semua elemen masyarakat yang ada di Papua. Semua aktivitas ekonomi tidak berjalan dan anak-anak tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kita lihat, akibat dari kejadian atau pertikaian kemarin, roda ekonomi beberapa hari yang lalu sempat tersendat begitu pun dengan aktivitas masyarakat termaksud anak sekolah," kata Yosua seperti dilansir detiknews, Jakarta, Senin,(2/09/2019)

Untuk itu, lanjut Yosua, masyarakat diminta untuk saling menahan diri satu sama lain. Dengan saling menahan diri, situasi pasti akan aman dan terkendali dengan baik.

 Menurutnya, semua warga masyarakat pasti membutuhkan situasi yang aman dan damai. Karena dengan situasi seperti itu, masyarakat dapat melakukan aktivitas masing-masing seperti biasa.

 

TNI dan Polri Tetap Jaga Keamanan Papua

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihak TNI dan Polri tetap akan melakukan proses pengamanan sesuai dengan standar yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan masyarakat dan menghindari kejadian yang tidak diiginkan.

Selain melakukan proses pengamanan, jelasnya, pihaknya bersama dengan Kapolda Papua terus membangun komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Papua. Dengan demikian, dialog terwujud dan semua masyarakat bisa saling menahan diri.

"Saya bersama Kapolda Papua sudah mengumpulkan para tokoh agama dan paguyuban. Kami lakukan komunikasi, agar bisa menahan diri biar konflik ini tidak ada yang diuntungkan," ungkapnya.

Yosua sekali lagi menegaskan agar masyarakat tetap saling menahan diri agar menghindari konflik yang lebih besar. Ia juga menjamin bahwa TNI dan Polri tetap bersama dengan masyarakat untuk menjaga kedamaian di Papua.

Ia juga berharap, situasi aman saat ini tetap berlanjut. Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan aktivitas ekonomi seperti biasa dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

"Harapannya situasi seperti ini terus terjaga. Mari kita saling menahan diri, kita bangun Papua untuk masyarakat yang maju," tutupnya.*

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas