INDONEWS.ID

  • Kamis, 12/09/2019 11:03 WIB
  • BJ Habibie, Presiden Ketiga Yang Pertama Dimakamkan Di TMP Kalibata

  • Oleh :
    • Ronald
BJ Habibie, Presiden Ketiga Yang Pertama Dimakamkan Di TMP Kalibata
Presiden ke-3 RI BJ Habibie bersama isteri tercinta Hasri Ainun Besari. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun pada Rabu (11/9). Habibie meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, selama sepekan. 

Rencananya, Habibie akan dimakamkan di kavling 121 Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019). Sebagai seorang yang pernah menjabat sebagai presiden, Habibie memang berhak untuk dimakamkan di TMP Kalibata.
 
Namun ternyata, bukan itu saja alasan Habibie dikebumikan di sana. Jauh sebelum kesehatannya menurun, Tokoh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini sudah menentukan lokasi pusaranya kelak. Kala itu, Mei 2010, istri Habibie, Hasri Ainun Besari meninggal dunia. Jenazahnya dimakamkan di TMP Kalibata kavling 120.
 
Saat itu, Habibie mengizinkan jenazah Ainun untuk dimakamkan di sana dengan syarat kavling di sebelah pusara Ainun harus dikosongkan. Petakan tanah itu hanya boleh ditempati oleh jenazahnya nanti.
 
Habibie juga menjadi Presiden Indonesia pertama dan satu-satunya yang dimakamkan di TMP Kalibata. Sebelum Habibie, tiga presiden Indonesia yang lebih dahulu berpulang, dimakamkan di pemakaman yang berbeda-beda.
 
Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang wafat pada 21 Juni 1970 dikebumikan di Blitar, Jawa Timur. Lalu Presiden ke-2 Soeharto, dimakamkan di kompleks pemakaman Astana Giribangun di Karanganyar, Jawa Tengah. Di tempat yang sama, dikuburkan Istri Soeharto, Siti Hartinah atau biasa dipanggil Ibu Tien Soeharto.
 
Sementara itu, Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dimakamkan di pemakaman keluarga besarnya di Jombang, Jawa Timur. Gus Dur yang wafat pada 30 Desember 2009 itu dimakamkan satu area dengan makam ayahnya KH. Wahid Hasyim dan kakeknya KH. Hasyim Asyari yakni di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.
 
Wafatnya Habibie meninggalkan kesedihan mendalam tidak hanya bagi keluarga, tapi juga bangsa Indonesia. Sosok murah senyum itu bukan hanya dikenal sebagai negarawan, tapi juga teknokrat dan cendekiawan muslim. Selamat jalan, Sang Visioner. (rnl)
Baca juga : Panglima TNI Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Tabur Bunga di TMP Kalibata
Artikel Terkait
Panglima TNI Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Tabur Bunga di TMP Kalibata
Pataka 83 Reuni, Ziarah ke TMP Kalibata
Sekjen Kemendagri Akan Dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden Karawang, Jabar
Artikel Terkini
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas