INDONEWS.ID

  • Rabu, 25/09/2019 13:30 WIB
  • Wilayah Karhutla di Kalimantan dan Sumatera Mulai Turun Hujan

  • Oleh :
    • Mancik
Wilayah Karhutla di Kalimantan dan Sumatera Mulai Turun Hujan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (Foto:Dokumentasi BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala BNPB Doni Monardo menerangkan, beberapa hari terakhir hujan berhasil menguyur wilayah-wilayah Sumatera dan Kalimantan. Pantauan data hujan dalam 24 jam terakhir hujan terjadi di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Jakarta, Rabu,(25/09/2019)

Turunnya hujan ini membantu berkurangnya titik panas atau hotspot di wilayah Indonesia pada hari ini, Rabu (25/9). Data BNPB mencatat jumlah hotspot turun pada Senin lalu (23/9) hotspot berjumlah 3.150 titik. Berselang satu hari kemudian, hotspot turun pada angka 1.982 titik dan hari ini menjadi 1.744.

Sementara itu,Sejak kedatangan Presiden Jokowi ke Riau pada 16 September 2019 lalu, program penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lebih diintensifkan. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) lebih diintensifkan dengan menambah 4 pesawat, yaitu 2 di Riau untuk operasi di wilayah Sumatera dan 2 lainnya di Kalimantan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, pihak tetap mendorong proses penegakan hukum terhadap beberapa tersangka yang ada.Polri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga mengintensifkan penegakan hukum

"Jumlah tersangka 323 orang, 14 korporasi sudah ditetapkan sebagai tersangka," jelas Dedi.

Sementara, Kementerian Kesehatan juga membuat rumah singgah agar masyarakat terdampak asap dapat singgah untuk periksa kesehatan, beristirahat untuk menghirup udara segar atau oksigen murni, berobat atau mendapatkan masker secara gratis.

Rumah singgah disiapkan di rumah sakit, puskesmas dan kantor-kantor pemerintah. Rumah singgah dilengkapi dengan dokter dan perawat, obat-obatan, air purifier, AC, dan masker.*

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Berkah Ramadan, Persediaan Produk Industri Pengolahan Terserap Optimal Terutama di Pasar Domestik
Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian
Mendagri Minta Pj. Kepala Daerah Segera Penuhi Anggaran Pilkada 2024
Pj Bupati Maybrat Gelar Pertemuan dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kemen LHK
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas