INDONEWS.ID

  • Rabu, 25/09/2019 16:36 WIB
  • Pembakar Pos Polisi Slipi Rata-rata Masih di Bawah Umur

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Pembakar Pos Polisi Slipi Rata-rata Masih di Bawah Umur
Mahasiswa yang menjadi korban penembakan gas air mata oleh polisi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Aksi unjuk rasa para mahasiswa dari sejumlah kampus di Jakarta menyuarakan penolakan atas RUU KPK, RKUHP pada Selasa, (24/9/2019) berlangsung aman meski sempat rusuh hingga beberapa kali aparata keamanan melakukan penembakan gas air mata.

Namun, justru kerusuhan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB saat mahasiswa sudah bertolak pulang. Sejumlah massa melakukan pembakaran Pos Polisi (Pospol) Slipi, bagian belakang Gedung MPR/DPR RI.

Polisi mengatakan bahwa ada gerakan di luar mahasiswa yang ingin memanfaatkan aksi protes terhadap sejumlah RUU yang sedang digodok di DPR. Polisi akhirnya berhasil menangkap 17 orang yang diduga pelaku perusakan dan pembakaran Pospol.

Para pelaku diamankan di sekitar kolong Slipi dan Petamburan.
"Mirisnya, dari para pelaku yang berhasil diamankan rata-rata mereka masih di bawah umur," ujar Kapolres Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (25/9).

Polisi juga memastikan bahwa rata-rata pelaku kerusuhan itu `diimpor` dari luar Jakarta. "Ini yang patut kami curigai, dan akan terus kami dalami," kata Hengki.

Sebagian besar pelaku juga bukan mahasiswa. Dia menduga, mereka adalah penumpang gelap dalam aksi demonstrasi mahasiswa kemarin. Mereka memprovokasi massa, agar melakukan tindakan anarkistis.

"Ini yang demo bukan lagi mahasiswa, tetapi perusuh. Ini polanya mirip 22 Mei. Diduga, massa liar yang sengaja datang membuat kerusuhan," kata Hengki.*(Rikardo)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas