INDONEWS.ID

  • Jum'at, 04/10/2019 08:31 WIB
  • PTPN VI Tanam Kopi di Lahan 1000Ha untuk Penuhi Pangsa Pasar Jambi

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
PTPN VI Tanam Kopi di Lahan 1000Ha untuk Penuhi Pangsa Pasar Jambi
Dirut PTPN6 saat menghadiri kegiatan Hari Kopi Internasional di Jambi (Foto: Istimewa)

Jambi, INDONEWS.ID - Kebutuhan akan kopi di provinsi jambi yang terus meningkat, menjadi pilihan direksi PTPN VI untuk mencoba memanfaatkan sebagian lahannya dengan tanaman kopi tanpa meninggalkan tanaman Teh sebagai produk unggulan.

Dirut PTPN VI Berlino Mahendra Santosa mengatakan bahwa sekitar 500 Ha telah ditanami kopi, dimana saat ini 300 Ha lahan telah menghasilkan biji kopi sebanyak 600 Kg/ha/tahun.

Demikian disampaikannya saat menghadiri pembukaan Kopi internasional di RCC kota Jambi pada Selasa (1/10).

“Ada tiga varitas kopi yang ditanam, yakni jenis kopi arabika andungsari, arabika segalarutan, dan arabika komasti, karena varitas ini sesuai dengan ketinggian permukaan tanah diatas 1.000 – 1.500 m pdl,” ujar Berlino.

Tahun depan PTPN VI ditargetkan tanaman kopi ini bisa menghasilkan 1-1,5 ton/Ha/tahun, mengingat usia tanaman sudah mulai produktif.

Kopi arabika dari kabupaten kerinci ini sebetulnya telah diakui kualitasnya, dimana 80 persen hasilnya dipasarkan keluar provinsi jambi.

Kabupaten kerinci yang berada diatas 1.500 m pdl sangat cocok untuk tanaman kopi jenis arabika yang harga jualnya sangat tinggi, tentu menjadi tugas bersama untuk memperdayakan para petani kopi.

PTPN VI rencananya akan memperluas lahan tanaman kopi sebanyak 1000 Ha, sebagaimana untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

“kita mencoba meyakinkan kepala daerah, pemanfaatan 1000 Ha ini tidak mengganggu produksi teh yang telah diakui di dunia, bila tanaman kopi ini produksinya bisa diatas 1,5 ton/ha akan dikemas dan dipasarkan dengan mengusung merk kayu aro sehingga mempunyai nilai jual tinggi”, tambah Dirut PTPN VI.(hms ptpn6/INJBI/Kontributor Indonews Jambi)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas