INDONEWS.ID

  • Senin, 14/10/2019 15:30 WIB
  • Surya Paloh dan Prabowo Sepakat Amandemen Menyeluruh UUD 1945

  • Oleh :
    • Marsi Edon
Surya Paloh dan Prabowo Sepakat Amandemen Menyeluruh UUD 1945
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu dengan ketua umum partai NasDem Surya Paloh Minggu,(13/10) kemarin.(Foto:Kompas.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sepakat mendorong amandemen terhadap UUD 1945 secara menyeluruh dalam perbaikan tata kelola bernegara yang lebih baik. Hal ini menjadi salah point dari tiga kesepakatan yang disepakati dalam pertemuan kedua ketua Parpol tersebut.

Kedua Ketum Parpol ini melakukan pertemuan di rumah Surya Paloh pada Minggu,(13/10) kemarin. Dari pertemuan tersebut, dihasilkan tiga kesepakatan bersama yang menjadi menjadi komitmen bagi kedua Parpol dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan dibacakan oleh Sekrataris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate dalam konferensi persnya.

"Kedua pemimpin partai politik sepakat bahwa amandemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh yang menyangkut keutuhan tata kelola negara sehubungan dengan tantangan kekinian dan kehidupan berbangsa yang lebih baik," demikian bunyi point ketiga dari hasil pertemuan tersebut.

Adanya wacana amandemen UUD 1945 secara menyeluruh menjadi pembeda dengan usulan yang telah diwacanakan seblum oleh PDI Perjuangan. PDIP sendiri mengusulkan amandemen terhadap UUD secara terbatas hanya untuk menetapkan kembali haluan negara.

Berikut adalah tiga point yang menjadi hasil kesepakatan antara Prabowo dan Surya Paloh:

1. Kedua pemimpin partai politik sepakat untuk memperbaiki citra partai politik dengan meletakkan kepentingan nasional di atas kepentingan lain dan menjadikan persatuan nasional sebagai orientasi perjuangan serta menjaga keutuhan bangsa.

2. Kedua pemimpin partai politik sepakat untuk melakukan segala hal yang dianggap perlu untuk mencegah dan melawan segala tindakan radikalisme berdasar paham apa pun yang dapat merongrong ideologi Pancasila dan konsensus dasar kebangsaan.

3. Kedua pemimpin partai politik sepakat bahwa amandemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh yang menyangkut keutuhan tata kelola negara sehubungan dengan tantangan kekinian dan kehidupan berbangsa yang lebih baik.*

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Karyawan Perusahaan Harus Dibekali Pengetahuan tentang Paham Radikal-Terorisme
Penggunaan Masker, Kunci Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Udara di Ruang Tertutup
Tumbuhkan Kecintaan pada Pancasila, Kemendikbud Gelar Kemah Virtual Anak Indonesia
Terima Kunjugan Menpan-RB, Boy Rafli Amar Jelaskan Pembangunan Zona Integritas di BNPT
Resmi! Gerindra Benarkan Rekomendasi PDIP pada Muhammad-Rahayu Saraswati di Pilwakot Tangsel
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
gandalf