INDONEWS.ID

  • Kamis, 24/10/2019 08:59 WIB
  • Tidak Terpilih Kembali, Inilah Para Menteri yang Tak Laku di Kabinet Indonesia Maju

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Tidak Terpilih Kembali, Inilah Para Menteri yang Tak Laku di Kabinet Indonesia Maju
Moment pengumuman menteri Kabinet Indonesia Maju (Foto: Solopos)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi resmi melantik 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri di Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10).

Dari 38 tokoh yang duduk di Kabinet Indonesia Maju, sebagian merupakan `muka lama` alias pernah menjabat pada periode sebelumnya dalam Kabinet Indonesia Kerja. Sementara sisanya adalah `wajah baru`.

Hadirnya para `muka baru` tersebut mengeser posisi para menteri sebelumnya. Berikut para menteri yang pernah menjabat di era Jokowi-JK, dan kini tidak terpilih kembali:

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti sempat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja I era Jokowi-JK. Kini Susi sudah tak menjabat sebagai salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju dan diisi oleh Edhy Prabowo.

Wiranto

Di Kabinet Kerja era Jokowi-JK, Wiranto menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia.  Di kabinet yang baru, Jokowi tak lagi memilih Wiranto. Kini Menko Polhukam dijabat oleh Mahfud MD.

Rini Soemarno

Rini Soemarno sempat menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia periode 2014-2019 di era Jokowi-JK. Namun, di kabinet yang baru, Jokowi tak lagi memilihnya. Saat ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) diisi oleh Erick Thohir.

Ignasius Jonan

Tak hanya sebagai Direktur Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan juga sempat menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia (ESDM) periode 2016-2019. Namun, di kabinet yang baru, posisinya ini diisi oleh Arifin Tasrif dalam Kabinet Indonesia Maju.

Darmin Nasution

Dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK, Darmin Nasution menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian periode 2015-2019. Kini jabatan tersebut telah diisi oleh Ketum Golkar Airlangga Hartanto.

Ryamizard Ryacudu

Purnawirawan Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu pernah menduduki kursi Menteri Pertahanan periode 2014-2019. Jabatan tersebut kini diisi oleh Prabowo Subianto.

Muhammad Hanif Dhakiri

Hanif Dhakiri pernah menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan Indonesia di Kabinet Kerja Jokowi-JK. Kini jabatan Menteri Ketenagakerjaan diisi oleh Ida Fauziyah.

Amran Sulaiman

Amran Sulaiman pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja 20142019. Jabatan Menteri Pertanian kini diisi oleh Syahrul Yasin Limpo.

Nila Moeloek

Dalam Kabinet Kerja 2014-2019, Nila Moeloek sempat mengemban tugas sebagai Menteri Kesehatan. Kini tugas Menteri Kesehatan diemban oleh Mayjen Dokter Terawan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Mohamad Nasir

Mohamad Nasir pernah menjabat sebagai Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia periode 2014-2019. Jabatan tersebut kini digantikan oleh Bambang Brodjonegoro sebagai Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional.

Rudiantara

Rudiantara sempat masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK periode 2014-2019. Dia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. Kini, Jabatan ini diisi oleh Johnny Plate.

Arief Yahya

Masa tugas Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata untuk periode 2014-2019. Kini Menteri Pariwisata di Kabinet Indonesia Maju diisi oleh Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Enggartiasto Lukita

Di era Jokowi-JK, Enggartiasto Lukita menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia periode 2016-2019. Saat ini, Menteri Perdagangan diisi oleh Agus Suparmanto.

Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Selama Kabinet Kerja Jokowi-JK, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga sempat menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kini posisi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah digantikan oleh Teten Masduki.

Eko Putro Sandjojo

Eko Putro Sandjojo pernah menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Periode 2014. Kini posisi sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi digantikan oleh Abdul Halim Iskandar.

Yohana Yembise

Yohana Yembise pernah menduduki posisi sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia periode 2014 dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Kini posisi ini digantikan oleh I Gusti Ayu Bintang.

Lukman Hakim Saifuddin

Lukman Hakim Saifuddin sudah tidak menjadi Menteri Agama per 23 Oktober 2019. Jabatan tersebut diemban sejak 2014. Kini posisi Menteri Agama diisi oleh Fachrul Razi.*(Rikardo). 

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Indonesia Poros Tatanan Dunia Baru Penuh Perdamaian
Pilkada Serentak: Golput atau Nekat?
Terus Bertambah, Pasien Positif Covid-19 di Tower 6 dan 7 RS darurat Wisma Atlet Tembus 2.611 Pasien
Webinar PT JIEP, Peluang Investasi di Masa Pandemi
Dua Kapolsek Dicopot Karena Melanggar Maklumat Kapolri
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir