INDONEWS.ID

  • Sabtu, 26/10/2019 13:30 WIB
  • Presiden Jokowi Minta Maaf Parpol Tidak Dapat Kursi Menteri

  • Oleh :
    • Mancik
Presiden Jokowi Minta Maaf Parpol Tidak Dapat Kursi Menteri
Presiden Joko Widodo.(Foto:Kompas.com)

Jakarta,INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo telah menyusun komposisi kabinet Indonesia maju yang akan mengawal pemerintahan selama lima tahun ke depan. Jokowi telah mengangkat menteri dan beberapa wakil menteri di beberapa pos kementerian.

Jokowi mengakui, penyusunan kabinet kali ini sangat sulit karena harus berusaha mengakomodir semua partai pendukung, tim sukses dan relawan yang telah bekerja di pemilu kemarin. Karena itu,Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh Parpol pendukung karena tidak mendapatkan jatah kursi menteri dan wakil menteri di kabinet.

"Tidak mudah menyusun kabinet yang harus beragam karena memang Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Oleh sebab itu saya sadar mungkin yang senang atau yang gembira karena terwakili dalam kabinet itu hanya 34 orang yang dilantik," kata Jokowi kepada media di Jakarta, Sabtu,(26/10/2019)

Jokowi sendiri menyadari, Indonesia ini begitu beragam dengan segala kepentingan serta kebutuhan yang mesti dipenuhi. Namun, ia menegaskan, kursi menteri itu sangat terbatas, tidak mungkin dapat mengakomodir semua perwakilan masyarakat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penyusunan kabinetnya kali ini tetap memperhatikan proses seleksi yang ketat dan menerapkan sistem meritokrasi. Banyak orang yang mengajukan diri tetapi sistem kita tidak memungkinkan untuk menampung banyak orang sebagai menteri.

"Itu lah meritokrasi ada yang terpilih ada yang tidak terpilih karena memang melalui sistem seleksi," jelasnya.

Ia menyadari betul bahwa, Parpol pendukung telah bekerja dengan caranya masing-masing di pemilu kemarin. Tetapi, ia meminta maaf karena tidak memberikan jatah kursi menteri dan wakil menteri kepada Parpol pendukung tersebut.

"Jadi saya mohon maaf tidak bisa mengakomodir semuanya karena ruangnya hanya 34," tutupnya.*

 

 

 

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas