INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/10/2019 08:30 WIB
  • Jokowi Kunjungan Kerja Perdana ke Wamena, Polisi: Situasi Aman dan Kondusif

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jokowi Kunjungan Kerja Perdana ke Wamena, Polisi: Situasi Aman dan Kondusif
Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Papua (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jokowi akan melakukan kunjungan ke Wamena Papua. Kunjungan kerja Jokowi ke Papua ini merupakan kunjungan kerja perdana setelah dilantik menjadi Presiden RI periode 2019-2024 bersama Wakil Presiden KH Mar`uf Amin pada 20 Oktober 2019.

Menjelang Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Papua, Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya mengatakan situasi dan kondisi di Wamena dan sekitarnya sudah aman dan kondusif. Dia mengatakan aktivitas masyarakat berjalan seperti biasanya.

Sebelum kedatangan Presiden Jokowi ke Papua, situasi kamtibmas di provinsi ujung timur Indonesia itu sempat memanas dengan terjadinya serangkaian aksi kekerasan seperti terjadi di Jayapura, Wamena, Ilaga dan beberapa tempat di Papua Barat seperti Sorong, Manokwari dan Fakfak.

"Situasi aman, kondusif. (Aktivitas masyarakat) sudah berjalan seperti biasa," kata Tonny saat dihubungi, Sabtu (26/10/2019).

Tonny mengatakan Jokowi akan melakukan beberapa kegiatan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Jokowi akan meninjau lokasi bekas kerusuhan beberapa waktu lalu hingga menengok anak sekolah.

"Mungkin agenda Beliau meninjau tempat kebakaran, dan perusakan itu. Kemudian kantor bupati, menengok anak sekolah dan pertemuan dengan tokoh masyarakat," ujar Tonny.

Setelah dari Jayawijaya, Jokowi juga akan ke Kota Jayapura. Jokowi berencana meresmikan Jembatan Holtekam, jembatan merah yang berada di ibu kota Papua tersebut.

"Pada hari Senin, rencananya Pak Jokowi akan meresmikan jembatan merah, Jembatan Holtekamp," ujar dia.

Peristiwa di Jembatan Holtekamp

Jembatan Holtekamp menghubungkan Hamadi menuju Holtekamp dengan memiliki panjang sekitar 1.800 meter dan lebar 17 meter.

Kehadiran jembatan ini akan memperpendek jarak dan waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw dari sebelumnya 2,5 jam menjadi hanya 1 jam.

Sebelumnya diberitakan, terjadi dua peristiwa penyerangan di Papua. Peristiwa pertama yakni terbunuhnya tiga tukang ojek di Kabupaten Intan Jaya.

Peristiwa lainnya yakni penyerangan terhadap pegawai Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jayapura Kementerian PUPR menggunakan busur panah yang dilakukan kelompok orang tak dikenal di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua.

Jokowi sendiri berencana melakukan kunjungan kerja ke beberapa kota di Papua. Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengawali kunjungan kerja di Sorong, kemudian berlanjut ke Manokwari.

Kemudian dilanjutkan ke Wamena dan perjalanan diakhiri di Jayapura.

Adapun tujuan Jokowi ke Papua yakni melihat perkembangan penanganan pasca kerusuhan di Wamena, meresmikan Jembatan Holtekamp, meninjau pembangunan perumahan di Pegunungan Arfak dan Kabupaten Keimana, groundbreaking Wisma Asmara Nusantara untuk Badan Intelijen Negara (BIN).*(Rikardo)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024
Terinspirasi Langkah Indonesia, Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
Ketua KIP: Pertamina Jadi `Role Model` Keterbukaan Informasi Publik di Sektor Energi
Kemendagri Intruksikan Pemprov Kaltara Percepat Pembangunan Daerah Berbasis Inovasi
Semangat Kartini dalam Konteks Kebangsaan dan Keagamaan Moderen
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas