INDONEWS.ID

  • Rabu, 06/11/2019 08:30 WIB
  • Wajib Tahu! 7 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Mangga Secara Rutin

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Wajib Tahu! 7 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Mangga Secara Rutin
Iliustrasi Manfaat daun mangga (Foto: Intisari)

Jakarta, INDONEWS.ID - Belum tahu kan, jika daun mangga, yang memiliki daging buah manis yang jadi buruan semua orang, punya manfaat yang banyak?

Kebanyakan orang menyingkirkan daun mangga karena dianggap tak ada manfaatnya. Tapi pada kenyataannya, daun mangga terutama air rebusannya punya manfaat untuk mengatasi banyak penyakit.

Kini, daun mangga yang tak akan terlihat semenarik jus mangga, makin populer dibuat sebagai rebusan daun mangga atau teh daun mangga.

"Berdasarkan Ayurveda, berbagai pengobatan populer banyak yang menggunakan mangga," tulis studi dari K. A. Shah, M. B. Patel, R. J. Patel, dan P. K. Parmar tahun 2010 mengutip Southern Living.

"Studi menunjukkan bahwa mangga bisa menjadi antidiabetes, antioksidan, antivirus, anti-bengkak."

Studi lain juga menyebutkan bahwa mangga juga membantu menurunkan tekanan darah dan membantu memperkecil risiko diabetes.

Berikut beberapa manfaat minum air rebusan daun mangga secara teratur.

1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Debu, kotoran, asap kendaraan dan rokok membuat kualitas udara yang dihirup menurun. Hal ini menimbulkan masalah pada pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Demi menghindari masalah pernapasan yang kerap ditemukan sehari-hari itu, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi air rebusan daun mangga.

2. Mengobati Disentri

Meski mirip, anda tak boleh begitu saja menyamakan disentri dan diare. Baik disentri maupun diare membuat orang buang air besar dalam tekstur cair. Namun, kasus disentri bisanya disertai dengan darah.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mengeringkan daun mangga terlebih dahulu di bawah sinar matahari, kemudian rebus. Lalu, Anda tinggal meminum air rebusan daun mangga.

3. Obat Kumur

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya mulut, dalam aktivitas sehari-hari. Rasa percaya diri kerap turun drastis gara-gara bau mulut.

Tak perlu khawatir, daun mangga bisa menjadi solusi. Daun mangga yang biasanya jarang dimanfaatkan itu bisa dijadikan pencuci mulut alias mouthwash.

Daun mangga mengandung komponen bernama tannin yang mirip dengan daun sirih. Cukup rebus daun mangga yang sudah tua hingga air rebusan berwarna kekuningan. Manfaatkan air rebusan untuk berkumur agar kesehatan mulut terjaga.

4. Mengatasi Batuk dan Demam

Batuk dan demam ditambah flu kerap menyerang kala musim pancaroba atau muism hujan. Kebanyakan orang mengalami perpaduan penyakit ini hampir tiap tahun.

Untuk mengurangi zat-zat kimia yang ada dalam obat, seseorang perlu mempertimbangkan cara alami dengan menggunakan daun mangga. Caranya cukup dengan meminum air rebusan daun mangga.

5. Mengontrol Diabetes

Daun mangga dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi misalnya pektin, serat, dan vitamin C. Nutrisi ini akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu air rebusan daun mangga akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, melancarkan distribusi glukosa dan berakibat menstabilkan tingkat gula darah.

6. Mengobati Anxiety / Cemas yang Berlebihan

Tidak banyak orang tahu bahwa daun mangga bisa digunakan untuk meredakan gejala cemas berlebih.

Cara memanfaatkan daun mangga untuk mengatasi kecemasan ini juga cukup mudah.

 

7. Mengobati Gangguan pada Telinga

Sakit pada telinga sangat mengganggu karena bisa menghambat aktifitas sehari-hari.

Anda bisa membuat tetes telinga dari ekstrak daun mangga.

 

Note:

1. Untuk no 1-5 caranya mudah. Yang harus Anda lakukan adalah merebus 15 lembar daun mangga segar dengan 100-150 ml air. Diamkan air rebusan semalaman dan minum saat sarapan.

2. Sementara no.6 caranya, 

Anda bisa mengambil segenggam daun mangga, cuci bersih dan gunting kecil-kecil untuk dicampurkan pada air hangat dalam bak yang Anda pakai berendam. Atau Anda juga bisa memakai cara orang India yang menggantungkan seikat daun mangga di atas pintu untuk mencegah perasaan stress dan cemas bagi keluarga mereka.

7, Untuk no. 7, caranya, hancurkan daun mangga dengan blender, lalu saring ampasnya. Hangatkan ekstrak daun mangga dengan api kecil, setelah hangat dan cukup aman untuk kulit, teteskan sedikit ke dalam telinga. Anda akan merasakan sakit telinga Anda jauh berkurang.*(Rikardo). 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Korban Banjir Bandang di Sumbar
HOGERS Indonesia Resmi Buka Gelaran HI-DRONE2 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2
Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Dirikan Dapur dan Pendistribusian untuk Korban Banjir Bandang Tanah Datar
Aksi PNM Peduli Serahkan Sumur Bor Untuk Warga Indramayu Dan Tanam Mangrove Rhizophora
PTPN IV Regional 4 Jambi, Bantu Beras Warga Solok
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas