INDONEWS.ID

  • Senin, 25/11/2019 19:01 WIB
  • Kemendagri Dorong Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Ormas Mencapai Tujuan

  • Oleh :
    • Marsi Edon
Kemendagri Dorong Peningkatan Kapasitas dan Kemampuan Ormas Mencapai Tujuan
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.(Foto:Puspen Kemendagri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri mendorong peningkatan kapasitas dan kemampuan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam mencapai tujuannya. Hal itu diungkapkan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dalam acara Penganugerahan Ormas Award Tahun 2019 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

"Kami sampaikan dalam rangka peningkatan kualitas Ormas, agar Ormas ini semakin meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam melaksanakan tujuan dari Ormas itu sendiri. Karena Ormas ini pada intinya merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela dan didasarkan atas kesamaan baik aspirasi, kepentingan, tujuan, dan tentunya ini titik utama perhatian organisasi kemasyarakatan itu," kata Hadi.

Baca juga : Pemerintah Daerah Diminta Percepat Pelaksanaan APBD 2021 dan Kemudahan Investasi

Berdasarkan hal tersebut, Ormas diharapkan seiring dengan Ideologi Pancasila dan UUD 1945. Pancasila menjadi dasar bagi setiap ormas dalam seluruh kegiatannya.

"Oleh karena itu kita harapkan bahwa Ormas memupuk dasar daripada pendirian Ormas itu, tentunya tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Karena ini merupakan landasan dan dasar negara," ujarnya.

Baca juga : Analis Intelijen: Sebagai Kapolri Sigit Miliki Konsep Mereformasi Polri Agar Lebih Presisi

Ia juga menegaskan, Ormas juga diharapkan profesional dan proporsional dalam mencapai tujuan agar berkualitas dalam pelaksanaan kinerja maupun tujuan organisasi.

"Tentunya harus profesional dan proporsional dalam mencapai tujuan karena Pemerintah dalam hal ini Kemendagri melakukan penilaian atas kinerja Ormas meskipun saat ini jumlahnya sudah semakin banyak, sehingga diharapkan kita bersama menjaga eksistensi dan kesadaran kolektif dalam mencapai tujuan ini harus secara nyata memberikan kontribusi dan pemanfaatan bagi masyarakat dan Pemerintah, tentunya upaya percepatan untuk mencapai tujuan NKRI," terangnya.

Baca juga : Empat Program Besar Menuju Transformasi Polri yang Presisi dari Calon Kapolri Baru

Sebagaimana salah satu poin program prioritas pembangunan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma`aruf Amin pada tahun 2020-2024, yaitu pembangunan SDM unggul, berkualitas, dan berdaya saing, Ormas diharapkan dapat menjadi wadah kolektif untuk mendorong dan mensukseskan program tersebut.

Karena itu, Pemerintah memberikan atensi lebih untuk meningkatkan pemberdayaan Ormas yang tak hanya terbatas pada pemberian hibah saja, namun pada MoU yang secara konkret memberikan kualitas peningkatan SDM.*

 

Artikel Terkait
Pemerintah Daerah Diminta Percepat Pelaksanaan APBD 2021 dan Kemudahan Investasi
Analis Intelijen: Sebagai Kapolri Sigit Miliki Konsep Mereformasi Polri Agar Lebih Presisi
Empat Program Besar Menuju Transformasi Polri yang Presisi dari Calon Kapolri Baru
Artikel Terkini
Pembukaan Pojok Kopi Indonesia di ITPC Shanghai
Kasal Dampingi Presiden RI Tinjau Posko SAR Sriwijaya Air
Kaesang Pangarep Nge-tweet Lagi, Saham-saham CPO Pun Ikut Naik
PTPN Group Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Korban Banjir di Gunung Mas Jawa Barat
TNI AL Laksanakan Penandatanganan Kontrak Secara Kolektif Pengadaan Barang dan Jasa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir