INDONEWS.ID

  • Jum'at, 29/11/2019 13:01 WIB
  • Kepala BNPB Ajak Warga Huta Bargot Tambang Emas Hijau

  • Oleh :
    • Mancik
Kepala BNPB Ajak Warga Huta Bargot Tambang Emas Hijau
Kepala BNPB Doni Monardo saat berkunjung di Desa Huta Bargot Nauli, Mandailing Natal, Sumatera Utara.(Foto:BNPB)

Madina,INDONEWS.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana,Doni Monardo, mengajak warga Huta Bargot Nauli dan Huta Bargot Julu untuk menambang emas hijau, seperti alpukat dan kemenyan. Warga setempat diminta melihat kembali dampak negatif penambangan emas, baik terhadap lingkungan dan kesehatan warga setempat.Hal tersebut disampaikan Doni saat berkunjung di Desa Huta Bargot Nauli, Mandailing Natal, Sumatera Utara, Kamis (28/11) kemarin.

Pada keesempatan tersebut, Doni melakukan dialog bersama Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution serta aparat pemerintah desa, kecamatan dan warga Desa Huta Bargot dengan tujuan untuk mendengar keprihatinan warga dan menyikapi penambangan emas yang tidak ramah lingkungan, seperti penggunaan merkuri.

Baca juga : Semarak Puasa Ramadan dalam Mereduksi Fenomena Islamofobia

Di hadapan warga Huta Bargot, Doni mengatakan, banyak pilihan untuk menopang kehidupan warga. Doni menggagas program emas hijau yang dapat dilakukan oleh warga setempar, khususnya mereka penambang emas yang masih menggunakan merkuri. Doni menyatakan sejak berada di Mandailing Natal, melihat pohon tumbuh sangat baik yang artinya tanah di sini subur.

"Kami menawarkan kepada pemda dan masyarakat untuk mengganti mata pencaharian dari menambang emas menjadi emas hijau berupa bercocok tanam dengan menanam pohon-pohon yang menghasilkan nilai jual tinggi," kata Doni.

Baca juga : PJ Bupati Maybrat Berikan Penghormatan Terakhir kepada Almarhum Lukris Irjanti Kambu S.STP di KambuFatem

Doni juga mengilustrasikan pemanfaatan emas hijau di jaman penjajahan Belanda. Melalui pemanfaatan hasil alam, VOC sebagai perusahaan Belanda mampu memiliki kekayaan USD 7,9 trilyun dan menempatkan dalam catatan historis sebagai perusahaan terkaya di dunia.

"Mari ciptakan emas dari tumbuh-tumbuhan," jelas Doni.

Baca juga : Menko Polhukam Tegaskan Situasi Pasca Pemungutan Kondusif dan Aman Terkendali

Dengan menanam pohon, selain dapat menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat dapat juga menjaga lingkungan yang berdampak bagi anak cucu di masa mendatang.

"Pohon alpukat, sukun, masoya, kemenyan dan kayu manis hanya memerlukan waktu beberapa tahun untuk dapat dipanen dan dijual ke daerah lain hingga diekspor ke negara tetangga dan juga lingkungan akan lebih terjaga dibandingan menambang emas ilegal menggunakan merkuri." ungkapnya.

Untuk diketahui, penambangan dengan merkuri telah berdampak pada kesehatan warga setempat. Dinas Kesehatan Madina mencatat 7 kasus anak meninggal dunia akibat terpapar merkuri. Kasus tersebut teridentifikasi sejak 2013 lalu, sedangkan penambangan emas warga marak 9 tahun lalu. Penambangan ilegal di Huta Bargot Nauli telah berlangsung sejak tahun 2009 hingga sekarang.

"Sejak adanya penambangan emas di sini, warga lebih sejahtera, kami bisa menyekolahkan anak dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun kami juga menyadari bahwa penambangan ilegal tersebut membahayakan bagi kami," ujar Ahmad Rohan selaku Kepala Desa.

Warga lain, Sutan, mengatakan bahwa penghasilan dari menambang emas lebih besar dibandingkan bertanam karet. Bapak yang terlihat lambat dalam merespon pertanyaan ini mengaku belum memahami dampak bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk pengolahan emas. Hal senada juga dilontarkan Alimusha, meskipun dia menggunakan sarung dan masker saat bekerja menggunakan bahan merkuri.

Bupati Madina menyampaikan bahwa pemerintah daerah berharap mendapatkan solusi terkait penambangan emas ilegal tersebut.

"Dampak dari penambangan ilegal menggunakan merkuri sangat buruk bagi masyarakat, beberapa bayi lahir tidak sempurna diduga akibat orang tuanya terpapar merkuri saat menambang emas, oleh karena itu kami meminta pemerintah pusat ikut membantu mencari solusi," kata Dahlan.*

 

Artikel Terkait
Semarak Puasa Ramadan dalam Mereduksi Fenomena Islamofobia
PJ Bupati Maybrat Berikan Penghormatan Terakhir kepada Almarhum Lukris Irjanti Kambu S.STP di KambuFatem
Menko Polhukam Tegaskan Situasi Pasca Pemungutan Kondusif dan Aman Terkendali
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas