INDONEWS.ID

  • Kamis, 05/12/2019 19:19 WIB
  • Buntut Ditemukan Komponen Motor Harley di Pesawat Garuda, Menteri BUMN Copot Direktur Utama PT Garuda Indonesia

  • Oleh :
    • luska
Buntut Ditemukan Komponen Motor Harley di Pesawat Garuda, Menteri BUMN Copot Direktur Utama PT Garuda Indonesia
Menkeu Sri Mulyani bersama Menteri BUMN jumpa pers terkait ditemukannya komponen motor Harley yang berujung pemcopotan Dirut Garuda.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan Komite Audit kasus penyelundupkan komponen Harley-Davidson melalui Pesawat Garuda Indonesia beberapa hari lalu,  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir langsung mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara.

Pencopotan Dirut PT Garuda Indonesia ini dilakukan Menteri BUMN setelah  diungkapnya kasus penyelundupan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330-900 NEO. 

Baca juga : Menteri BUMN Serahkan Piagam Penghargaan Top Contributor BUMN For Communications kepada Bos PNM

Dijelaskan Erick, pihaknya telah mendapatkan kesaksian baru yang berasal dari dokumen komite audit dan komisaris yang mengatakan bahwa motor Harley-Davidson tersebut adalah milik direktur utama Garuda Indonesia.
 
"Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan dirut garuda," terang Erick Thohir di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Ditegaskan Erick bahwa Ari Ashkara secara sistematis melakukan penyelundupan motor ini. Dalam keterangannya, Ari telah menginstruksikan seseorang untuk mencari motor Harley-Davidson klasik pada 2018 lalu. Setelah mendapatkan motor gede tersbut, kemudian dilakukan pembayaran melalui transfer banking pada April 2019 melalui saudara IJ yang merupakan Finance Manager Garuda Indonesia di Amsterdam.
 
Kasus ini bermula dari ditemukannya sejumlah onderdil motor Harley Davidson  yang terurai di 18 boks cokelat dan dua unit sepeda Brompton ilegal di lambung pesawat anyar maskapai Garuda Indonesia jenis A330-900 seri Neo pada November 2019. Perangkat motor mewah ilegal ini ditemukan oleh petugas Bea dan Cukai Soekarno-Hatta. 

Baca juga : Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami Apresiasi Dialog Menteri BUMN Erick Thohir dengan Pengusaha Diaspora Indonesia di Jepang

Dalam keterangan resmi yang diterima, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Syarif Hidayat mengatakan 18 boks tersebut dimiliki penumpang pesawat baru itu.

Pada 18 boks yang ditemukan, didapati 15 koli claimtag atas nama SAW berisi part motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai dan tiga koli claimtag atas nama LS berisi dua unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesori sepeda.
 
Didapat informasi, sejumlah jajaran direksi Garuda terdaftar sebagai penumpang pesawat yang lepas landas dari Prancis tersebut.
 
Berdasarkan informasi yang diterima, terdapat 21 orang yang terdaftar di manifes penumpang pesawat Gruda Indonesia, yaitu :
1. I Gusti Ngurah Askhara (Dirut Garuda)
2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi (Istri Dirut Garuda)
3. Iwan Joeniarto (Direktur Teknik dan Layanan Garuda)
4. Etty Rasfigar
5. Mohammad Iqbal (Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha)
6. Ratih Agustanti
7. Retno Bayusari Sukradewi
8. Heri Akhyar (Direktur Capital Human)
9. Widyasih Tumono
10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari
11. Lokadita Sedimesa Brahmana
12. Simon Theo Pimpin Nainggolan
13. Satyo Adi Swandhono
14. Nova Wijayanti Ponardi
15. Muhammad Fuad Rasyidi
16. Sugiono
17. Martha Emyua Taurisia
18. Judis Priastono Utama
19. Joe Surya
20. Alberto Blanco Lopez
21. Laurent Jean Yves Godin

Baca juga : Figur yang Sangat Visioner, Erick Thohir Cawapres Paling Potensial
Artikel Terkait
Menteri BUMN Serahkan Piagam Penghargaan Top Contributor BUMN For Communications kepada Bos PNM
Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami Apresiasi Dialog Menteri BUMN Erick Thohir dengan Pengusaha Diaspora Indonesia di Jepang
Figur yang Sangat Visioner, Erick Thohir Cawapres Paling Potensial
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas