INDONEWS.ID

  • Jum'at, 13/12/2019 12:51 WIB
  • Optimistis Rampung 2012, Jokowi Ingin LRT Jakarta-Bandung Terintegrasi dengan Transjakarta

  • Oleh :
    • Ronald
Optimistis Rampung 2012, Jokowi Ingin LRT Jakarta-Bandung Terintegrasi dengan Transjakarta
Kereta api cepat jurusan Jakarta-Bandung. (Foto: Antara)

Jakarta, INDONEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) akan selesai akhir 2021 mendatang.

Setelah pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated rampung, menurut Presiden, kereta cepat Jakarta-Bandung yang membutuhkan dana investasi sebesar US$6 miliar akan selesai nanti di akhir 2021. Sementara LRT dengan investasi Rp29 triliun juga akan selesai pada akhir 2021.

Baca juga : Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa

“Semuanya akan selesai, nanti akan terintegrasi, tadi diperlihatkan misalnya kereta cepat stasiun di Halim, didekatnya juga LRT di Halim, sehingga terkoneksi semuanya,” kata Presiden Jokowi mengutip pernyataan resminya, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Nantinya, lanjut Presiden, dirinya akan meminta kepada Gubernur DKI Jakarta agar jalur tersebut dihubungkan dengan TransJakarta, sehingga semua moda transportasi jadi terintegrasi.

Baca juga : Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY

Presiden Jokowi juga memastikan semua proyek tersebut tidak terhambat oleh kesediaan lahan karena masalah ini 99,9 persen sudah selesai.

 “Sudah enggak ada masalah. Ini tinggal kerja lapangannya karena kita tahu ruwetnya seperti ini,” tegas Presiden.

Baca juga : Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyanggupi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar TransJakarta terintegrasi dengan Stasiun LRT dan kereta cepat di Halim, Jakarta Timur. Dishub menyebut integrasi antar-moda transportasi merupakan salah satu fokus kebijakan di Jakarta.

"Bisa kami siapkan Pak. Integrasi menjadi salah satu program penataan transportasi Jakarta," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dihubungi, Rabu (12/12/2019). (rnl)

Artikel Terkait
Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi, Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa
Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN Rabu, Beredar Nama Hadi Tjahjanto dan AHY
Tanggapi Hasil Hitung Cepat Pemilu, Presiden Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil Resmi dari KPU
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas