INDONEWS.ID

  • Rabu, 18/12/2019 12:01 WIB
  • Mendagri Tito Karnavian Dampingi Kunjungan Kerja Jokowi ke Kalimantan Timur

  • Oleh :
    • Marsi Edon
Mendagri Tito Karnavian Dampingi Kunjungan Kerja Jokowi ke Kalimantan Timur
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Kalimantan Timur.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Timur. Dalam kunjungan di hari pertamanya pada Selasa (17/12/2019), Mendagri dan sejumlah Menteri terkait mendampingi Presiden untuk meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3, dan 4a.

"Dari 5 seksi yang telah selesai 3 seksi. Sepanjang 58,7 km dari total 99,3 km. Jadi kurang 2 seksi lagi. Tapi saya menanyakan kepada dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti Insya Allah April 2020. Ini jalan tol pertama di Pulau Kalimantan," kata Presiden saat peresmian tol Samarinda-Balikpapan, Selasa (17/12) kemarin.

Baca juga : Alumni SMA3 Teladan Jakarta Lintas Angkatan Bakal Gelar TBN FEST KICK OFF 2020

Jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini dapat menyingkat jarak tempuh dari yang biasanya 3 jam menjadi 1 jam, hal ini diharapkan dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru.

"Yang biasanya dari Balikpapan-Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam PP (Pulang-Pergi). Bila menggunakan jalan tol sekarang ini paling satu jam atau satu jam seperempat. Sehingga kecepatan efisiensi bisa kita dapatkan," ujarnya.

Baca juga : Presiden Joko Widodo Buka Rapat Kerja Nasional X PMKRI Tahun 2020

Sebelum meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Presiden beserta rombongan melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden beserta rombongan juga meninjau lokasi calon ibu kota baru. Titik yang ditinjau berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Lokasi ini akan dibangun klaster pemerintahan, termasuk Istana Kepresidenan.

Baca juga : Tito Karnavian: Peran Orang Tua Penting pada Persiapan Belajar Tatap Muka

“Klaster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana,” kata Presiden seusai meninjau lokasi pada (17/12).

Menurut rencana, Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan melanjutkan agendanya pada hari ini, Rabu (18/12/2019) dengan melakukan peresmian Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Adapun menteri kabinet Indonesia maju mendampingi presiden antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.*

 

 

Artikel Terkait
Alumni SMA3 Teladan Jakarta Lintas Angkatan Bakal Gelar TBN FEST KICK OFF 2020
Presiden Joko Widodo Buka Rapat Kerja Nasional X PMKRI Tahun 2020
Tito Karnavian: Peran Orang Tua Penting pada Persiapan Belajar Tatap Muka
Artikel Terkini
Ketua PMKRI Toraja Desak Aparat Tangkap Pelaku Pembunuhan Keji di Sigi
Teror di Sulteng, Pemuda Katolik Desak Pemerintah dan Aparat Keamanan Beri Perlindungan Bagi Warga
Gerakan Satu Bangsa: Ujaran Kebencian di Media Sosial Bibit Konsolidasi Aksi Kekerasan
Rotasi Pejabat Ala Rizal Ramli Bisa Jadi Acuan Pemberantasan Korupsi
Rizieq Kembali Makan Korban, Anies Copot Wali Kota Jakpus dan Kadis LH Sekaligus
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir