INDONEWS.ID

  • Rabu, 18/12/2019 12:01 WIB
  • Mendagri Tito Karnavian Dampingi Kunjungan Kerja Jokowi ke Kalimantan Timur

  • Oleh :
    • Marsi Edon
Mendagri Tito Karnavian Dampingi Kunjungan Kerja Jokowi ke Kalimantan Timur
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Kalimantan Timur.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Timur. Dalam kunjungan di hari pertamanya pada Selasa (17/12/2019), Mendagri dan sejumlah Menteri terkait mendampingi Presiden untuk meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3, dan 4a.

"Dari 5 seksi yang telah selesai 3 seksi. Sepanjang 58,7 km dari total 99,3 km. Jadi kurang 2 seksi lagi. Tapi saya menanyakan kepada dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti Insya Allah April 2020. Ini jalan tol pertama di Pulau Kalimantan," kata Presiden saat peresmian tol Samarinda-Balikpapan, Selasa (17/12) kemarin.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Pemda Diminta Larang Masyarakat Mudik

Jalan tol pertama di Pulau Kalimantan ini dapat menyingkat jarak tempuh dari yang biasanya 3 jam menjadi 1 jam, hal ini diharapkan dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru.

"Yang biasanya dari Balikpapan-Samarinda memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam PP (Pulang-Pergi). Bila menggunakan jalan tol sekarang ini paling satu jam atau satu jam seperempat. Sehingga kecepatan efisiensi bisa kita dapatkan," ujarnya.

Baca juga : Mendagri Keluarkan Surat Edaran Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Bagi TKI

Sebelum meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Presiden beserta rombongan melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden beserta rombongan juga meninjau lokasi calon ibu kota baru. Titik yang ditinjau berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Lokasi ini akan dibangun klaster pemerintahan, termasuk Istana Kepresidenan.

Baca juga : Menteri Erick Thohir Minta Masyarakat Bersabar soal Mekanisme Pembebasan Tagihan Listrik

“Klaster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana,” kata Presiden seusai meninjau lokasi pada (17/12).

Menurut rencana, Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan melanjutkan agendanya pada hari ini, Rabu (18/12/2019) dengan melakukan peresmian Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Adapun menteri kabinet Indonesia maju mendampingi presiden antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.*

 

 

Artikel Terkait
Cegah Penyebaran Covid-19, Pemda Diminta Larang Masyarakat Mudik
Mendagri Keluarkan Surat Edaran Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Bagi TKI
Menteri Erick Thohir Minta Masyarakat Bersabar soal Mekanisme Pembebasan Tagihan Listrik
Artikel Terkini
Inilah Pedoman Pengurusan Jenazah Covid-19 Menurut Fatwa MUI
Perangi Covid-19, Kak Seto Ajak Orang Tua Jadi Guru Bagi Anak Saat WFH
"Maka Dalam Sunyi" Puisi oleh Gerard N Bibang
Hadapi Covid-19, Kak Seto Dorong Orang Tua Terapkan "GEMBIRA"
Cegah Covid-19, Kapolri Minta Masyarakat Tidak Melakukan Kegiatan yang Mengumpulkan Banyak Orang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
eowyn