INDONEWS.ID

  • Selasa, 07/01/2020 22:05 WIB
  • Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Dua Hakim Konstitusi

  • Oleh :
    • very
Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Dua Hakim Konstitusi
Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah calon hakim konstitusi Daniel Yusmic Pancastaki Foekh dan Suhartoyo sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 7 Januari 2020. (Foto: ist)

Jakrarta, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah calon hakim konstitusi Daniel Yusmic Pancastaki Foekh dan Suhartoyo sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa, 7 Januari 2020. Keduanya akan bertugas di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2020 hingga 2025 mendatang.

Seperti dikutip dari siaran Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, pengangkatan Daniel sebagai hakim konstitusi didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 1/P Tahun 2020 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Dan Pengangkatan Hakim Konstitusi Yang Diajukan Oleh Presiden.

Baca juga : Dinilai Lalai Tangani Corona, Presiden Jokowi Digugat

Selepas pengucapan sumpah, Daniel akan menggantikan hakim konstitusi I Dewa Gede Palguna yang mengakhiri masa baktinya pada 7 Januari 2020 ini. Sebelumnya, Palguna juga telah menjabat selama dua masa jabatan.

Sementara pengangkatan Suhartoyo sebagai hakim konstitusi didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 141/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kembali Hakim Konstitusi Yang Berasal Dari Mahkamah Agung.

Baca juga : Pelepasan 30.000 Napi Belum Cukup Kurangi Penyebaran Covid-19, Presiden Harus Turun Tangan

Pengangkatan tersebut menjadi periode keduanya menjabat setelah pertama kali diambil sumpahnya pada 7 Januari 2015 lalu. Suhartoyo merupakan hakim konstitusi yang diusulkan Mahkamah Agung dan dinilai memenuhi syarat untuk menjadi hakim konstitusi sehingga kembali diusulkan.

Selepas prosesi, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada kedua hakim konstitusi diikuti oleh tamu undangan yang hadir. (Very)

Baca juga : Ibunda Meninggal Dunia, Presiden Joko Widodo Telah Tiba di Solo

 

Artikel Terkait
Dinilai Lalai Tangani Corona, Presiden Jokowi Digugat
Pelepasan 30.000 Napi Belum Cukup Kurangi Penyebaran Covid-19, Presiden Harus Turun Tangan
Ibunda Meninggal Dunia, Presiden Joko Widodo Telah Tiba di Solo
Artikel Terkini
"Maka Dalam Sunyi" Puisi oleh Gerard N Bibang
Hadapi Covid-19, Kak Seto Dorong Orang Tua Terapkan "GEMBIRA"
Cegah Covid-19, Kapolri Minta Masyarakat Tidak Melakukan Kegiatan yang Mengumpulkan Banyak Orang
Achmad Yurianto: Tidak Mudik Kunci Menghentikan Penyebaran Virus Corona
Kenang Arminsyah, Erick Thohir: Beliau Sosok yang Baik
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
eowyn