INDONEWS.ID

  • Sabtu, 11/01/2020 10:31 WIB
  • Mantap! TNI Berhasil Usir 30 Kapal Asing dari Natuna

  • Oleh :
    • Rikardo
Mantap! TNI Berhasil Usir 30 Kapal Asing dari Natuna
Pasukan TNI di Natuna bersiaga (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) akhirnya berhasil mengusir 30 kapal asing dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia di Perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan keberadaan 30 kapal asing itu diketahui ketika Panglima Komando Gabungan Wilayah I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudho Margono memantau lewat udara.

"Pemantauan menggunakan pesawat Intai Maritim Boeing 737 AI-7301 TNI AU dari Skadron 5 Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin Makassar," kata Kolonel Sus Taibur Rahman dalam keterangan tertulisnya pada Jumat, 10 Januari 2020.

Menindaklanjuti hasil pantauan tersebut Pangkogabwilhan I, memerintahkan tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359, KRI Jhon Lie 358 untuk menuju koordinat kapal-kapal asing yang di deteksi.

Laksdya TNI Yudo Margono menginstruksikan kemudian mengusir kapal-kapal ikan tersebut untuk keluar dari wilayah laut Indonesia hingga keluar dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Namun, TNI tak membeberkan dari mana asal negara kapal asing yang terdeteksi tersebut.

Lebih lanjut, kata Sus Taibur, sempat berkomunikasi dengan kapal penjaga pantai, supaya memberitahu kapal-kapal ikannya untuk keluar dari ZEE. "Tetapi apabila tetap tidak keluar meninggalkan perairan Indonesia maka dilaksanakan langkag hukum, kapal-kapal tersebut ditangkap dan diproses secara hukum," kata dia.

Saat ini, ada sejumlah kapal di luar ZEE, kurang lebih 5 sampai dengan 10 mil di batas luar ZEE. KRI pun akan tetap disiagakan operasi patroli laut dan pesawat udara perairan Laut Natuna hingga ZEE untuk mengantisipasi kapal-kapal asing tersebut memasuki wilayah perairan Indonesia lagi.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Dorong Pelaku UMKM, Alametric Inisiasi Program Bakti Negeri
Tidak Ada Soal Rekrutmen CPNS, Ini Kata MenPAN Tjahjo Kumolo
Sisi Positif Perubahan Budaya Masyarakat Akibat Adaptasi Kebiasaan Baru
Pilkada Serentak 2020 Digelar Desember, Arif Budiman: Regulasi Tidak Berubah
Minta Perlindungan Hukum, John Kei Kirim Surat Ke Jokowi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
gimli