INDONEWS.ID

  • Kamis, 30/01/2020 08:59 WIB
  • Tingkatkan Kerja Sama, Menhan Prabowo Temui Menhan Rusia

  • Oleh :
    • hendro
Tingkatkan Kerja Sama, Menhan Prabowo Temui Menhan Rusia
Menhan Prabowo Subianto saat berkunjung ke Moskow

Moskow, INDONEWS.ID - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto berkunjung ke Moskow dan bertemu dengan mitranya, Sergei Shoigu di Moskow pada Selasa (28/1/2019). Dalam pertemuan tersebut, Menhan kedua negara sepakat untuk lebih meningkatkan hubungan dan kerja sama di bidang pertahanan dan teknik militer.

“Hubungan persahabatan Indonesia dengan Rusia di bidang pertahanan dan keamanan telah terbangun cukup lama. Rusia yang sebelumnya Uni Soviet telah banyak membantu Indonesia di bidang teknik militer,” kata Prabowo Subianto dalam pertemuan dengan Sergei Shoigu. Menurut Menhan RI, Indonesia ingin terus mengembangkan hubungan dengan Rusia.

Baca juga : Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78

Sementara itu, Sergei Shoigu mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra penting Rusia di kawasan Asia Pasifik. Kerja sama dengan Indonesia didasarkan pada persahabatan dan rasa saling percaya. Deklarasi Kemitraan Strategis yang sedang disiapkan kedua negara untuk ditandatangani akan menjadi tonggak penting dalam hubungan Rusia dan Indonesia. 

Dalam pertemuan, kedua pihak juga mencatat terdapat peristiwa bersejarah penting pada tahun 2020 ini bagi kedua negara. Pertemuan Menhan ini bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang akan diperingati pada 3 Februari 2020. Pada 17 Agustus 2020 Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-75. Menhan Rusia menyampaikan kesiapan pihaknya ikut serta pada kegiatan dalam rangkaian perayaan tersebut. Menhan Shoigu menambahkan bahwa pada tahun 2020 Rusia juga akan merayakan 75 tahun kemenangan rakyat Soviet dalam Perang Patriotik Besar dan akhir Perang Dunia II.

Baca juga : Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum

Dalam kunjungannya selama 2 hari di Moskow, Menhan RI dan delegasi juga melakukan serangkaian pertemuan dengan kalangan industri pertahanan dan IT, khususnya terkait keamanan siber (cyber security).

*Maaf sedikit rapat* pada alinea ini. Seharusnya:

Baca juga : Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Selama kunjungannya di Rusia Menhan Prabowo Subianto didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Dirjen Kuathan Marsda TNI Ponang Djawanto, serta pejabat senior terkait Kemhan RI.

Dubes Wahid menilai kunjungan pertama pejabat setingkat menteri di awal peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Rusia ini akan lebih mempererat hubungan kedua negara. Menurut Dubes Wahid, potensi kerja sama di bidang pertahanan dan teknik militer dengan Rusia sangat besar. Kerja sama tidak hanya pada pengadaan alutsista bagi Indonesia, tetapi juga produksi bersama dan alih teknologi.

Artikel Terkait
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas