INDONEWS.ID

  • Minggu, 02/02/2020 12:01 WIB
  • Istana: Semua WNI dari Wuhan dalam Kondisi Sehat Berdasarkan Standar WHO

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Istana: Semua WNI dari Wuhan dalam Kondisi Sehat Berdasarkan Standar WHO
Juru Bicara Kepresidenan Fachroel Rachman (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Istana memastikan sebanyak 243 WNI telah mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam pada Minggu (2/2) sekitar pukul 08.45 WIB dinyatakan dalam kondisi sehat sesuai standar Keseahatn Dunia WHO.

Demikian dikatakan pihak Istana Kepresidenan melalui Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) Fadjroel Rachman via pesan singkat diterima CNNIndonesia.com, Minggu (2/2).

"Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO," kata Fadjroel.

Fadjroel juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah mendukung proses pemulangan WNI tersebut. Ia memastikan pemerintah menjalankan seluruh proses evakuasi dan transit observasi berdasarkan Inpres Nomor 4 Tahun 2019.

Seluruh proses ini di bawah koordinasi dua menteri koordinator, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

"Sekali lagi, marilah kita bergotong-royong, bahu-membahu menghadapi dan melewati masa-masa sulit ini demi nilai perikemanusiaan yang melekat dalam diri kita semua. Selamat kembali ke tanah air tercinta, Indonesia!" ucapnya.

Ia menambahkan setibanya di Tanah Air, para WNI tersebut akan menjalani observasi di pangkalan militer TNI di Natuna, Kepulauan Riau.

Pangkalan militer tersebut memiliki fasilitas rumah sakit lengkap yang dikelola tim dokter dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan laut (AL). Ini sesuai dengan pernyataan Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, dan Panglima TNI.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk memulangkan seluruh WNI di Provinsi Hubei, China. Ini merupakan tindak lanjut dari menyebarnya virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei.

Pemerintah menjemput WNI tersebut menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan ID-6818. Pesawat berangkat dari Indonesia dengan membawa 42 relawan yang bertugas memulangkan ratusan WNI dari lokasi karantina virus Corona di Provinsi Hubei, China.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas