INDONEWS.ID

  • Minggu, 09/02/2020 19:30 WIB
  • Willem Wandik: Optimistis Keamanan Pelaksanaan PON 2020 Papua

  • Oleh :
    • very
Willem Wandik: Optimistis Keamanan Pelaksanaan PON 2020 Papua
Menpora Zainudin Amali, bersama anggota anggota Komisi V DPR RI, Willem Wandik. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Willem Wandik yang merupakan anggota Komisi V DPR RI menyampaikan dukungannya atas dipilihnya Wilayah Timur Nusantara Indonesia yakni Tanah Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun 2020. Hal itu dikatakannya saat menyampaikan interupsi dalam rapat Paripurna DPR RI di Senayan, Kamis (6/2/2020).

“Tetapi jangan didramatisir yang seolah-olah Tanah Papua itu tidak aman. Saya jamin, sampai hari ini Tanah Papua aman dan saya optimis pelaksanaan PON akan terjaga dengan baik,” tegas Wandik seperti dikutip dari siaran pers di Jakarta, Minggu (9/2).

Baca juga : Paceklik Juara Tunggal Putra All England Berakhir, Ginting dan Jojo Bertemu di Final All Indonesian

Wandik yang juga merupakan Ketua Umum DPP GAMKI ini meminta, pemerintah pusat harus percaya terhadap simbol-simbol negara yang ada di Tanah Papua seperti Gubernur, MRP, DPRD, maupun penyelenggara birokrat lainnya. Jangan ada oknum tertentu yang punya kepentingan, dan menjadikan Tanah Papua seolah-olah tidak aman.

“Jika pemerintah pusat tidak percaya terhadap simbol-simbol negara yang ada disana, bagaimana masyarakat Papua percaya kepada negara. Persoalan penting yang terus menjadi polemik pun tidak akan pernah tuntas ditangani oleh pemerintah pusat. Jakarta jangan berpandangan paranoid terhadap Papua,” ujar Wandik.

Baca juga : Anthony Sinisuka Ginting Lolos ke Final All England 2024 usai Pecundangi Christo Popov

Sebelumnya, dalam Pembukaan Rakernas GAMKI di Surabaya pada Jumat (31/1), Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga meminta dukungan dari GAMKI seluruh Indonesia untuk berperan aktif dalam menyukseskan acara PON XX 2020 di Tanah Papua.

Menpora turut memberikan apresiasi atas dukungan GAMKI terhadap upaya Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia sebagai satu bangsa yang utuh. Hal ini yang menjadi alasan Presiden memindahkan ibukota negara ke tengah (Kalimantan) yang man Presiden sebutkan sebagai Indonesia Sentris.

Baca juga : Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Dalam Final All England 2024

“Saya akan sampaikan kepada Presiden bahwa GAMKI mendukung semua program pembangunan yang sudah dicanangkan Bapak Presiden. Mewakili pemerintah pusat, saya mengharapkan partisipasi GAMKI dalam pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai ini. GAMKI harus terlibat menciptakan persaudaraan yang erat dan perdamaian yang abadi,” pungkas Menpora.

Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik dalam sambutannya menyampaikan kesiapan GAMKI untuk mendukung pelaksanaan PON 2020 di Papua.

"DPP GAMKI bersama dengan DPD GAMKI Papua mendukung penuh pelaksanaan PON 2020 di Papua. Kami akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah terkait partisipasi GAMKI di dalam menyukseskan pelaksanaan PON ini," tegas Wandik.

Dalam pembukaan acara Rakernas, hadir mewakili pemerintah pusat Menpora Zainudin Amali, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, mewakili Ketua DPD RI Angelius Wake Kako, mewakili pemerintah daerah Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono. (Very)

Artikel Terkait
Paceklik Juara Tunggal Putra All England Berakhir, Ginting dan Jojo Bertemu di Final All Indonesian
Anthony Sinisuka Ginting Lolos ke Final All England 2024 usai Pecundangi Christo Popov
Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting Dalam Final All England 2024
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas